4 Negara Sekutu Israel, Nomor 3 Ada di Asia

Sabtu, 10 September 2022 - 05:30 WIB
loading...
4 Negara Sekutu Israel, Nomor 3 Ada di Asia
Bendera Israel terlihat di dekat Dome of the Rock atau kompleks Masjid Al-Aqsa, di Kota Tua Yerusalem. Foto/REUTERS/Ammar Awad
A A A
ANKARA - Dengan konflik dan ketegangan yang masih terjadi antara Israel dengan Palestina, sejumlah negara di dunia belum mengakui Israel.

Namun demikian, ada juga negara-negara yang sudah mengakui Israel dan menjadi sekutunya. Berikut adalah 4 negara sekutu Israel.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan negara pertama yang mengakui Israel di tahun 1948. Melalui Presiden Harry S Truman saat itu, AS resmi menjadi sekutu Israel dan menjalin kerja sama.

Presiden AS di masa-masa setelahnya juga teguh membela Israel. Contohnya adalah Donald Trump yang justru menyalahkan Hamas ketika pasukan Israel menembaki kerumunan demonstran Palestina.

Peristiwa itu terjadi dalam unjuk rasa Great March of Return sepanjang 2018 hingga 2019.

Kekerasan tersebut terjadi bersamaan dengan dibukanya Kedutaan Besar AS di Yerussalem, usai Trump memindahkannya dari Tel Aviv. Keputusan Trump itu sontak membuat murka masyarakat Palestina.

Pada Juni 2022, pasukan militer AS dan Israel sudah melakukan latihan militer bersama. Hal ini dimaksudkan untuk mengoordinasikan berbagai hal, seperti pertahanan udara dan logistik saat terjadi perang dengan kelompok bersenjata Lebanon Selatan.

Latihan gabungan itu diawasi langsung oleh Pasukan Pertahanan Israel dan Komando Pusat AS.

2. Jerman

Hubungan bilateral antara Jerman dan Israel mulai digalang pada 12 Mei 1965. Keputusan ini dianggap sebuah keajaiban, sebab pernah terjadi pembantaian warga Yahudi oleh Nazi Jerman pada masa Perang Dunia Kedua.

Peristiwa yang disebut sebagai holocaust itu menewaskan setidaknya 6 juta warga Yahudi, Polandia, dan tawanan perang Uni Soviet.

Melansir laman Kantor Luar Negeri Federal Jerman, hubungan yang terjalin antara Israel dengan Jerman terus diperdalam dan tumbuh lebih kuat seiring berjalannya waktu.

Jerman menjadi mitra terpenting Israel di Uni Eropa dengan nilai perdagangan bilateral sebesar USD6,6 miliar di tahun 2020.

Sementara itu dalam kunjungannya ke Israel pada Juli 2021, Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier disambut sebagai sekutu dalam memerangi sentimen anti-Yahudi.

VOA menyebut, pertemuan ini juga akan menegaskan kembali dukungan Jerman untuk Israel. Selama ini, Israel memang sudah menganggap Jerman sebagai mitra kuat dalam perjuangan melawan anti Yahudi.

3. India

Selanjutnya ada India yang menjadi sekutu Israel sejak mengakui keberadaannya pada 17 September 1950.

Kedutaan Besar Israel di India resmi dibuka pada 1 Februari pada 1992, sementara Kedutaan Besar India berdiri di Tel Aviv pada 15 Mei 1992.

Pada awal-awal hubungannya, keduanya berfokus pada sektor pertahanan dan pertanian atau agrikultur.

Beberapa tahun belakangan ini, kerja sama telah berkembang ke sektor lain, termasuk teknologi dan ekonomi.

4. Turki

Turki mengakui Israel pada Maret 1949. Kedua negara ini sempat mengalami ketegangan di tahun 2018, saat 60 warga Palestina menjadi korban pembunuhan tentara Israel dalam protes pembukaan kedutaan AS di Yerussalem.

Turki dan Israel sama-sama mengusir duta besarnya terkait hal tersebut. Melansir France24, setelah itu ketegangan tersebut mulai mereda dan hubungan antara Turki dengan Israel bisa diperbaiki.

Bahkan, kerja sama antara keduanya disebut lebih erat dan baik lagi.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)