Mantan Jenderal AS: Ukraina akan Rebut Lagi Crimea dalam Setahun

Sabtu, 10 September 2022 - 00:45 WIB
loading...
Mantan Jenderal AS: Ukraina akan Rebut Lagi Crimea dalam Setahun
Tank Angkatan Bersenjata Ukraina berlatih di lokasi yang tidak diketahui di dekat perbatasan Crimea yang dicaplok Rusia, dalam gambar yang dirilis 14 April 2021. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Ukraina dapat "memulihkan kedaulatan penuh" dalam waktu satu tahun, merebut kembali semua wilayahnya yang hilang termasuk Crimea.

Prediksi itu diungkapkan purnawirawan Jenderal Amerika Serikat (AS) Ben Hodges kepada Newsweek pada Kamis (8/9/2022) di Konferensi Internasional Institut McCain Tbilisi di Georgia.

"Rakyat Ukraina menyelamatkan negara mereka," ujar Hodges.

Dia menyatakan, "Setengah tahun setelah dimulainya invasi Rusia skala penuh ... tentara terbaik kedua di dunia sekarang menjadi tentara terbaik kedua di Ukraina, dengan kemampuan Rusia untuk melakukan operasi ofensif lebih lanjut … semuanya habis.”



Sekarang, menurut Hodges, terserah pada AS dan NATO untuk turun tangan dan memastikan perang dimenangkan, dimulai dengan proklamasi dukungan penuh untuk Kiev.

“Washington harus berhenti mempublikasikan biaya bantuan militer yang dikirimnya ke luar negeri,” papar dia.

Dia menyarankan pengiriman senjata dibingkai dalam persentase “apa yang dibutuhkan Ukraina untuk mengalahkan Rusia dan mendapatkan kembali wilayah mereka.”



Pensiunan jenderal itu tidak merinci bagaimana angka-angka itu bisa dihitung. Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah menggelontorkan lebih dari USD44 miliar ke dalam upaya perang sejak Februari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)