Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Pangeran Philip

Jum'at, 09 September 2022 - 07:40 WIB
loading...
Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Pangeran Philip
Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Berdampingan dengan Pangeran Philip. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Rencana pemakaman Ratu Elizabeth II tengah disiapkan oleh pihak Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dilaporkan akan dikebumikan di sebuah kapel kecil, di mana orang tuanya juga dimakamkan.

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip yang wafat tahun lalu dan dimakamkan di Royal Vault, di Kastil Windsor. Namun, seperti dilaporkan The Sun, Kamis (8/9/2022), jenazahnya akan dipindahkan sehingga dia dapat dimakamkan berdampingan dengan istrinya.



Kapel kecil yang akan menjadi tempat pemakaman Ratu Elizabeth II, dinamai dengan nama ayahnya, Raja George VI. Kapel itu dibangun pada tahun 1969 di dalam Kapel St George utama. Abu adik perempuan Ratu, Putri Margaret, dipindahkan ke makam dua bulan setelah kematiannya pada Februari 2002.

Malam ini, dalam sebuah pernyataan suram, dipastikan bahwa Yang Mulia Elizabeth II, penguasa terlama dalam sejarah kerajaan Inggris, telah meninggal dunia. Istana Buckingham mengumumkan: "Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini.

"Raja dan Permaisuri akan tetap di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok," lanjut pengumuman itu.

Charles, yang sekarang akan dikenal sebagai Raja Charles III, memberikan pernyataan suram saat memimpin bangsa dalam berkabung malam ini.



“Kematian ibu tercinta saya, Yang Mulia Ratu, adalah saat kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya,” kata Charles.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” lanjutnya.

"Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan didukung oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu dipegang secara luas," tutupnya.



Perdana Menteri Liz Truss, yang secara resmi ditunjuk oleh Ratu hanya dua hari yang lalu, mengatakan kematian Ratu adalah "kejutan besar bagi bangsa dan dunia".

Inggris segera jatuh ke dalam keadaan berkabung, dengan rencana pemakaman Ratu Elizabeth II dan hari peringatan nasional akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)