AS Tembakkan Rudal Antarbenua Minuteman III Berkemampuan Nuklir, Ini Videonya

Kamis, 08 September 2022 - 07:22 WIB
loading...
AS Tembakkan Rudal Antarbenua Minuteman III Berkemampuan Nuklir, Ini Videonya
Militer AS menguji tembak rudal balistik antarbenua Minuteman III dari Vandenberg Space Force Base di California, Rabu (7/9/2022). Foto/Vandenberg Space Force Base
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III yang mampu membawa hulu ledak nuklir pada Rabu waktu setempat.

ICBM yang diuji tembak kali ini tidak dipasangi hulu ledak.

Tes misil antarbenua Amerika merupakan yang kedua dalam waktu kurang dari sebulan setelah peluncuran sebelumnya ditunda dua kali.

Sebelum menguji tembak ICBM Minuteman III, Washington mengeluarkan pengumuman sebelumnya--sebuah langkah yang tidak biasa yang diduga ditujukan untuk mencegah eskalasi ketegangan dengan Rusia yang telah meningkat karena invasi Moskow ke Ukraina.

“Penerbang Komando Serangan Global Angkatan Udara meluncurkan rudal balistik antarbenua Minuteman III tanpa dilengkapi hulu ledak dengan tiga kendaraan uji coba re-entry pada awal 7 September dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California," kata Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan.

Dalam konflik nyata, kendaraan re-entry untuk ICBM Minuteman III akan dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir.

"Uji coba peluncuran ini merupakan bagian dari kegiatan rutin dan berkala yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa penangkal nuklir Amerika Serikat aman, terjamin, andal, dan efektif," lanjut pernyataan Angkatan Udara AS, seperti dikutip AFP, Kamis (8/9/2022).



"Tes ini bukan hasil dari peristiwa dunia saat ini," ujarnya.

Angkatan Udara AS sebelumnya berhasil meluncurkan ICBM Minutemen III pada 16 Agustus, setelah menunda uji coba dua kali untuk menghindari ketegangan di Ukraina dan Taiwan.

Minuteman III telah beroperasi selama 50 tahun, dan saat ini merupakan satu-satunya ICBM berbasis darat di gudang senjata nuklir AS.

Rudal yang berbasis silo ini disiagakan di tiga pangkalan militer AS di Wyoming, North Dakota dan Montana.

Persenjataan AS juga mencakup rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam Trident dan senjata nuklir yang dibawa oleh pesawat pengebom strategis.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)