5 Negara di Dunia yang akan Membeku karena Tidak Dapat Suplai Gas Rusia

Selasa, 06 September 2022 - 17:35 WIB
loading...
5 Negara di Dunia yang akan Membeku karena Tidak Dapat Suplai Gas Rusia
Seorang wanita berdiri di tanggul sungai Spree saat hujan salju di Berlin, Jerman, 9 Februari 2021. Foto/REUTERS/Fabrizio Bensch
A A A
BERLIN - Sebanyak lima negara di dunia terancam membeku karena tidak mendapat suplai gas Rusia. Untuk diketahui, Rusia menjadi pemasok utama gas bagi negara-negara Eropa.

Menyusul rentetan sanksi yang diberikan atas invasinya ke Ukraina, Rusia mengancam penghentian pasokan gasnya ke negara-negara yang dianggap tidak bersahabat.

Sebelumnya, Kremlin juga mengeluarkan kebijakan pembayaran gas menggunakan mata uang Rubel dan banyak menimbulkan polemik.

Kini, Eropa tengah bersiap menghadapi musim dingin. Penghentian pasokan gas Rusia tentu akan cukup berdampak pada beberapa negara yang memiliki ketergantungan terhadapnya.

Berikut lima negara di dunia yang akan membeku karena tidak mendapat suplai gas Rusia

1. Jerman

Jerman menjadi salah satu negara yang diketahui cukup bergantung kepada gas Rusia. Dikutip dari laman People’s World, sebelum perang di Ukraina, Jerman mendapatkan pasokan gas alam Rusia untuk memanaskan rumah dan menggerakan sebagian besar industrinya.

Hal ini sudah berlangsung selama beberapa dekade, bahkan selama perang dingin. Akan tetapi, setelah invasi Rusia ke Ukraina, kesepakatan pipa Nord Stream 2 yang mengangkut banyak gas ke Jerman dibatalkan.

Situasi ini sebenarnya menghadirkan masalah bagi Jerman. Karena lebih dari 40 juta penduduk menggunakan gas alam Rusia untuk memanaskan rumah mereka. Sekarang, musim dingin sudah mulai dirasakan di Berlin.

Tak hanya kekurangan sumber gas, makanan dan biaya lain juga terus mengalami kenaikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2093 seconds (11.252#12.26)