3 Jet Tempur Rusia yang Dihancurkan Ukraina secara Mengejutkan

Selasa, 06 September 2022 - 16:48 WIB
loading...
3 Jet Tempur Rusia yang Dihancurkan Ukraina secara Mengejutkan
Jet tempur SU-34 buatan Rusia. Foto/wikipedia
A A A
KIEV - Serangan Ukraina di lapangan terbang Rusia di Crimea pada Selasa (6/9/2022) terlihat menghancurkan banyak pesawat.

Adanya serangan ini menimbulkan kerugian satu hari terbesar bagi kekuatan udara Rusia sejak Moskow memperluas perangnya terhadap Ukraina pada akhir Februari.

Angkatan udara Ukraina yakin ada beberapa pesawat Rusia hancur di darat akibat ledakan dramatis di pangkalan udara Saky di Krimea.

Menurut Rusia ada satu orang tewas, dan 13 orang terluka juga ada 30 rumah yang rusak di sekitarnya.

Serangan di siang hari memicu 10 atau lebih ledakan di pangkalan udara Saki, markas Resimen Penerbangan Independen Penerbangan Angkatan Laut ke-43 Armada Laut Hitam Rusia, membakar habis delapan pesawar tempur Su-27, empat pembom tempur Su-30, lima pembom Su-24, enam helicopter Mi-8 dan pesawat telemetri il-20 yang unik.

Berikut ini ada beberapa pesawat tempur Rusia yang hancur karena serangan Ukraina:

1. SU-30 SM

Su-30 jelas merupakan bagian dari keluarga pesawat tempur Su-27 Flanker yang telah melahirkan varian yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun.

3 Jet Tempur Rusia yang Dihancurkan Ukraina secara Mengejutkan


Su-30 SM "Flanker-H", bagaimanapun, adalah varian yang merupakan upaya Sukhoi menggabungkan masing-masing menjadi satu model dominan yang dibangun untuk Angkatan Udara Rusia.

Terlepas dari kenyataan bahwa Su-30 SM tidak berkinerja sebaik yang diharapkan di Ukraina, jangkauan pesawat sekarang begitu besar secara global sehingga kemungkinan akan terus digunakan, baik oleh Rusia maupun mitra globalnya.

2. SU-35 S

SU-35 pesawat tempur asal Rusia ini jatuh dan hancur atas ulah Ukraina dan penembakan ini dilakukan oleh unit rudal antipesawat Ukraina.

3 Jet Tempur Rusia yang Dihancurkan Ukraina secara Mengejutkan


Akibat penembakan ini SU-35 jatuh di wilayah Kherson Ukraina.

3. SU-34

Pesawat tempur asal Rusia ini juga jatuh yang berhasil ditembak dengan senapan oleh seorang pria tua bernama Fedorovysch asal Ukraina.

3 Jet Tempur Rusia yang Dihancurkan Ukraina secara Mengejutkan


Video pendek yang menunjukan Fedorovysch dengan senapan di bahunya, yang sedang berjalan melalui gedung-gedung yang dihancurkan pihak Rusia, video tersebut dirilis langsung Pemerintah Ukraina.

Fedorovysch bukan orang Ukraina pertama yang menghancurkan peralatan militer Rusia. Pria tua lainnya bernama Valentin Didkovskiy menghancurkan tangki bensin Rusia dengan granat hanya seorang diri.

Didkovskiy mengatakan di Radio Free Europe/Radio Liberty, dia berada di Bucha yang ada di wilayah Kiev Ukraina tanggal 27 Februari. Dia juga dijuluki “Kakek Pejuang”.

Penulis:MG/Navizia Louvitrioktavia

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)