Gertak Iran, 3 Jet Tempur F-16 Israel Kawal 2 Bomber B-52 AS ke Teluk Persia

Selasa, 06 September 2022 - 07:27 WIB
loading...
Gertak Iran, 3 Jet Tempur F-16 Israel Kawal 2 Bomber B-52 AS ke Teluk Persia
Jet-jet tempur F-16i Israel saat mengawal pesawat pengebom B-52 AS ke Teluk Persia. Foto/Twitter @idfonline
A A A
TEL AVIV - Tiga jet tempur F-16i Israel mengawal dua pesawat pengebom (bomber) B-52 Amerika Serikat (AS) dalam perjalanan ke Teluk Persia.

Mengutip Times of Israel, Selasa (6/9/2022), manuver yang berlangsung pada hari Minggu itu sebagai gertakan terhadap Iran di tengah ketegangan yang sedang memanas.

“Penerbangan itu diadakan sebagai bagian dari kerja sama erat dengan militer AS, yang mewakili elemen penting dalam memastikan keamanan wilayah udara Negara Israel dan Timur Tengah,” kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Tegang dengan AS dan Israel, Iran Lengkapi 51 Kota dengan Sistem Pertahanan

Militer Amerika mengatakan sepasang bomber B-52 lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Inggris di Fairford dan terbang di atas Mediterania timur, Semenanjung Arab dan Laut Merah dalam misi pelatihan bersama dengan pesawat tempur Kuwait dan Arab Saudi, sebelum meninggalkan wilayah tersebut.

“Ancaman terhadap AS dan mitra kami tidak akan terjawab,” kata Letnan Jenderal Alexus Grynkewich, perwira tinggi Angkatan Udara AS di Timur Tengah dalam sebuah pernyataan.

“Misi seperti ini...menunjukkan kemampuan kita untuk menggabungkan kekuatan untuk menghalangi dan, jika perlu, mengalahkan musuh kita.”

Meskipun Komando Pusat (CENTCOM) militer AS tidak menyebutkan Iran, Washington telah sering mengirim bomber B-52 ke wilayah tersebut ketika permusuhan membara antara AS dan Iran. Manuver terakhir seperti itu terjadi pada bulan Juni.

Iran juga telah waspada terhadap kemungkinan serangan asing, di mana 51 kota telah dilengkapi dengan sistem pertahanan sipil.

Jet-jet tempur Israel yang mengawal bomber Amerika telah menjadi perlengkapan reguler di langit Timur Tengah karena ketegangan antara Teheran dan Barat telah meningkat di tengah upaya untuk merundingkan kesepakatan nuklir yang diperbarui.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1575 seconds (11.252#12.26)