Kebakaran Hutan Dahsyat Landa California, 100 Rumah Hancur

Minggu, 04 September 2022 - 08:23 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Dahsyat Landa California, 100 Rumah Hancur
Petugan pemadam kebakaran mencoba memadam api yang melahap sebuah bangunan di barat laut Weed, California, AS. Foto/Boston Globe
A A A
WASHINGTON - Sebanyak 100 rumah dan bangunan lain hancur setelah kebakaran hutan yang disapu angin mengoyak wilayah pedesaan di California Utara, Amerika Serikat (AS). Menurut petugas pemadam kebakaran, setidaknya dua orang terluka dan ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Kebakaran dimulai sesaat sebelum pukul 1 siang waktu setempat pada Jumat di sebelah utara Weed, sebuah kota berpenduduk sekitar 2.600 orang 250 mil sebelah utara San Francisco. Api kemudian menjalar ke lingkungan Lincoln Heights di mana sejumlah besar rumah terbakar dan penduduk harus mengungsi untuk menyelamatkan hidup mereka.

Dua orang dibawa ke Mercy Medical Center Mount Shasta. Satu dalam kondisi stabil dan yang lainnya dipindahkan ke UC Davis Medical Center, yang memiliki unit luka bakar.

Kepala Unit Pemadam Kebakaran California, Phil Anzo mengatakan, kru bekerja sepanjang siang dan malam untuk melindungi bangunan di Weed dan di subdivisi di timur yang dikenal sebagai Carrick Addition.

"Ada banyak hal yang dipertaruhkan di Mill Fire itu," katanya. "Ada banyak komunitas, banyak rumah di sana," imbuhnya seperti dikutip dari CBS News, Minggu (4/9/2022).

Kondisi cuaca membaik dalam semalam dan petugas pemadam kebakaran bisa menahan 20% tetapi kobaran api lain, Kebakaran Gunung, yang terjadi Jumat di barat laut Weed tumbuh secara substansial. Tidak ada korban luka atau bangunan yang dilaporkan hancur dalam kebakaran itu. Penyebab kedua kebakaran itu sedang diselidiki.

Anzo memperkirakan sekitar 100 rumah dan bangunan lainnya hancur dalam kebakaran yang disebut sebagai Mill Fire itu. Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk Distrik Siskiyou dan mengatakan dana hibah federal telah diterima untuk membantu memastikan ketersediaan sumber daya vital untuk memadamkan api.

Baca juga: Kebakaran Hutan Mengamuk Dekat Athena, Rumah Sakit Dievakuasi

Yvasha Hilliard mengatakan dia berada di rumahnya di Lincoln Heights ketika dia mendengar "ledakan besar" dan berlari keluar untuk melihat rumah tetangganya terbakar.

"Itu seperti api yang keluar dari langit," katanya. "Itu sungguh mengerikan," imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2712 seconds (11.210#12.26)