Bisa seperti Korut, Begini Nasib Rusia Jika Putin Lengser

Sabtu, 03 September 2022 - 15:30 WIB
loading...
Bisa seperti Korut, Begini Nasib Rusia Jika Putin Lengser
Nasib Rusia diprediksi akan seperti Korea Utara dengan steroid jika Presiden Vladimir Putin lengser. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Ekonom yang juga mantan penasihat Kremlin, Sergei Guriev, memperingatkan nasib suram Rusia jika Presiden Vladimir Putin lengser dan diganti pemimpin baru. Guriev bahkan memprediksi negaranya itu akan seperti "Korea Utara (Korut) dengan steroid".

Menurut Guriev, sistem politik saat ini kemungkinan akan runtuh ketika seorang pemimpin baru mengambil kendali Rusia.

Komentarnya muncul menjelang pemakaman pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev pada hari Sabtu (3/9/2022).

Putin, yang memberi penghormatan kepada Gorbachev di rumah sakit Moskow tempat pria berusia 91 tahun itu meninggal pada Selasa, tidak akan menghadiri pemakamannya.



Putin diketahui memiliki hubungan yang tegang dengan Gorbachev, yang mengantarkan reformasi besar-besaran yang akhirnya menyebabkan jatuhnya Uni Soviet.

Berbicara kepada Steve Sedgwick dari CNBC di Ambrosetti Forum di Italia, Guriev mengatakan sangat sulit untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi ketika Putin akhirnya diganti sebagai presiden.

“Rezim seperti ini berubah dengan cara yang sangat tidak terduga,” kata Guriev.

“Sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi setelah Putin. Alasannya adalah Putin telah membangun rezimnya dengan cara yang tidak dapat digantikan oleh siapa pun.”

“Dia membangun rezim sedemikian rupa sehingga tanpa dia, sistem tidak akan berfungsi. Orang-orang di sekitarnya tidak percaya satu sama lain, terkadang saling membenci, jadi jika dia pergi sistem akan berubah,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)