Terungkap, Mikhail Gorbachev Meninggal karena Shock dengan Perang Ukraina

Sabtu, 03 September 2022 - 01:27 WIB
loading...
A A A
Sementara Gorbachev percaya tugasnya adalah untuk menunjukkan rasa hormat dan dukungan kepada Putin, mantan penerjemahnya mengatakan bahwa dia berbicara secara terbuka ketika dia tidak setuju dengannya seperti tentang perlakuan media.

Tetapi dia telah mengambil keputusan untuk tidak memberikan komentar yang terus-menerus tentang Ukraina di luar menyetujui pernyataan pada bulan Februari yang menyerukan diakhirinya permusuhan lebih awal dan agar masalah kemanusiaan ditangani.

Putusan Sejarah

Meskipun mengakui bahwa beberapa orang Rusia dan orang-orang di seluruh bekas Soviet memiliki pandangan yang sangat negatif terhadap Gorbachev atas kekacauan ekonomi dan geopolitik yang mengikuti runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Palazhchenko berpendapat bahwa warisan Gorbachev sangat penting.

Menurutnya, dia tidak hanya membantu mengakhiri Perang Dingin dan mengurangi risiko perang nuklir, tetapi telah secara sukarela membongkar totalitarianisme di dalam Uni Soviet dan memberi Rusia kesempatan untuk kebebasan dan demokrasi.

“Saya pikir dia tetap optimistis tentang masa depan Rusia, meskipun warisannya sendiri 'rusak' dan apa yang dia anggap sebagai kritik yang tidak adil,” kata Palazhchenko.

“Dia percaya bahwa orang-orang Rusia adalah orang-orang yang sangat berbakat dan begitu mereka diberi kesempatan, mungkin kesempatan kedua, bakat itu...akan terlihat.”

Palazhchenko, yang mengenang KTT Perang Dingin AS-Soviet dan mengobrol di limusin dengan Gorbachev setelah pembicaraan Gedung Putih, mengatakan dia dan rekan-rekannya sekarang menghadapi tugas untuk memeriksa dokumen dan buku Gorbachev di dacha di luar Moskow ketika masih banyak materi yang belum dikatalogkan secara sistematis dalam arsipnya.

Tampak marah dengan kritik terhadap Gorbachev sejak kematiannya oleh beberapa orang di media sosial yang dia sebut "pembenci", Palazhchenko mengatakan mantan majikannya berpikir sejarah akan menilainya dengan benar.

“Dia suka mengatakan bahwa sejarah adalah wanita yang berubah-ubah. Saya pikir dia percaya dan dia berharap putusan akhir akan positif untuknya," imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)