Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Israel dan Bani Israil

Selasa, 30 Agustus 2022 - 01:02 WIB
loading...
A A A
Dalam Al Quran, sejarah Bani Israil juga diceritakan. Kaum ini disebut sebagai kaum yang diunggulkan dari umat yang lain. Israil merupakan istilah yang berasal dari Bahasa Ibrani yang memiliki arti kekasih Allah.

Bani israil sempat ditindas bangsa Filistin. Oleh karena itu Bani Israil meminta hakim dan nabi mereka saat itu, yaitu Samuel, untuk mengangkat seorang raja agar Bani Israil dapat bersatu melawan penindasan. Oleh karenanya, diangkatlah Thalut dari Suku Benyamin menjadi raja.



Seiring berjalannya waktu, Thalut digantikan oleh Dawud, dan Dawud kemudian digantikan oleh Sulaiman atau Salomo.

Namun setelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua, Kerajaan Israel Utara (yang disebut kerajaan Samaria), dan Kerajaan Israel Selatan (yang disebut Kerjaan Yehuda). Kerajaan Israel beribu kota Samaria dan kerajaan Yehuda (Yudea) beribu kota di Yerusalem. Lalu kata “Yahudi” dipakai untuk menyebut keturunan dari kerajaan Yehuda, yang akhirnya membentuk negara Israel modern.

Itulah perbedaan antara Negara Israel dan Bani Israil. Sangat jelas perbedaannya, Bani israil sendiri dijelaskan dan benar adanya dalam Al-Qur’an. Bahkan Agresi serta kesombongan bangda Israel ini dinubuatkan pada QS 17:14 dalam Al-Qur’an.

Shinta Sofariah

Referensi:
https://www.worldhistory.org/trans/id/2-1822/dua-belas-suku-israel/
https://www.islampos.com/siapa-itu-bani-israil-39909/
https://international.sindonews.com/read/792511/43/apa-perbedaan-israel-yahudi-dan-zionis-ini-penjelasannya654693603#:~:text=Israel%20adalah%20sebuah%20negara%20yang,sebuah%20negara%20Yahudi%20yang%20merdeka.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)