Ketegangan Mereda, Serbia-Kosovo Capai Kesepakatan

Minggu, 28 Agustus 2022 - 12:16 WIB
loading...
Ketegangan Mereda, Serbia-Kosovo Capai Kesepakatan
Serbia dan Kosovo telah mencapai kesepakatan terkait kebebasan bergerak. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BRUSSELS - Serbia dan Kosovo telah mencapai “kesepakatan tentang kebebasan bergerak” menyusul ketegangan selama berminggu-minggu. Hal itu diungkapkan diplomat top Uni Eropa (UE) Josep Borrell.

Borrell menambahkan bahwa ia “senang mengumumkan” kesepakatan antara Presiden Serbia Aleksandar Vucic dan Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti

"Setelah pertemuan minggu lalu antara kedua pemimpin di Brussel dan upaya tindak lanjut yang intens di Pristina dan Beograd, Serbia setuju untuk menghapus dokumen masuk dan keluar untuk pemegang ID Kosovo, dan Kosovo setuju untuk tidak memperkenalkan dokumen untuk pemegang ID Serbia," kata Borrell dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (28/8/2022).

Menurut pernyataan itu, warga Serbia yang tinggal di bagian utara provinsi yang memisahkan diri serta penduduk Kosovo lainnya akan dapat dengan bebas melakukan perjalanan antara Serbia dan Kosovo menggunakan kartu identitas mereka yang ada.

Pernyataan itu menambahkan bahwa Uni Eropa telah menerima jaminan dari Perdana Menteri Kurti untuk tujuan ini. Borrell pun kemudian memuji perkembangan tersebut.

“Kami menemukan solusi Eropa yang memfasilitasi perjalanan antara Kosovo dan Serbia,” katanya.



Dia juga secara khusus memuji tindakan Vucic dengan mengatakan bahwa presiden Serbia menunjukkan tanggung jawab dan kepemimpinan hari ini. Diplomat senior UE itu juga berterima kasih kepada Amerika Serikat (AS) atas dukungannya terhadap dialog yang difasilitasi UE, menyebutnya sebagai contoh kerja sama praktis UE-AS yang sangat baik.

Borrell mengakui bahwa "masalah dengan plat nomor" belum diselesaikan. Ia pun meminta para pemimpin Serbia dan Kosovo untuk terus menunjukkan pragmatisme dan konstruktif dalam hal ini juga. Namun, dia mengatakan: "Hari ini adalah hari yang sangat baik."

Beograd tampaknya tidak berbagi sentimen gembira dengan Brussels. Berbicara kepada warga Serbia pada hari Sabtu, Vucic menggambarkan pembicaraan dengan "warga Albania dari Kosovo" sebagai "sangat tidak berhasil, sangat sulit."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)