Presiden Tsai: Kunjungan Tokoh-tokoh AS Perkuat Tekad Taiwan untuk Mempertahankan Diri

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 04:55 WIB
loading...
Presiden Tsai: Kunjungan Tokoh-tokoh AS Perkuat Tekad Taiwan untuk Mempertahankan Diri
Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn (kiri) menemui Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Taipei, Jumat (26/8/2022). Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Kunjungan baru-baru ini oleh para tokoh Amerika Serikat (AS) telah memperkuat tekad Taiwan untuk mempertahankan diri. Demikian disampaikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Jumat.

Itu disampaikan ketika dia bertemu dengan seorang politisi AS yang tiba di Taipei. Politisi itu berkunjung dengan mengabaikan kemarahan China.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, telah meluncurkan latihan perang di dekat pulau yang telah memerintah sendiri itu setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi berkunjung pada awal Agustus.

Baca juga: Anggap Remeh Kemarahan China, Senator AS: Xi Jinping Tak Membuatku Takut

Sekitar seminggu kemudian lima anggota Parlemen AS lainnya melakukan kunjungan serupa dan pada Kamis malam, delegasi yang dipimpin Senator Marsha Blackburn mendarat di Taipei.

Bertemu di kantor kepresidenan, Tsai memuji kunjungan tersebut.

"Dalam beberapa waktu terakhir, banyak tokoh masyarakat dari spektrum luas masyarakat AS telah mengunjungi Taiwan. Tindakan kebaikan yang hangat dan demonstrasi dukungan yang kuat ini telah memperkuat tekad Taiwan untuk membela diri," katanya, dalam sambutan yang disiarkan langsung di halaman media sosial Tsai, seperti dikutip Reuters, Sabtu (27/8/2022).

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada hari Jumat bahwa kunjungan Blackburn ke Taiwan sangat melanggar prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS.

"Itu bertentangan dengan komitmen AS untuk mempertahankan hanya hubungan non-resmi dengan wilayah Taiwan," kata kementerian tersebut. "Pihak China menyesalkan dan dengan tegas menolak ini."

Amerika Serikat, seperti kebanyakan negara, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi terikat oleh undang-undangnya untuk menyediakan pulau itu sarana untuk membela diri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2714 seconds (11.252#12.26)