Anggap Remeh Kemarahan China, Senator AS: Xi Jinping Tidak Membuatku Takut

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 13:28 WIB
loading...
Anggap Remeh Kemarahan China, Senator AS: Xi Jinping Tidak Membuatku Takut
Senator AS Marsha Blackburn bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Jumat (26/8/2022). Foto/Taiwan News
A A A
TAIPEI - Senator Amerika Serikat (AS), Marsha Blackburn, menentang tekanan China saat ia mengunjungi Taiwan . Politisi Partai Republik itumenjadi anggota Kongres AS terbaru yang mengunjungi Taiwan.

"Saya tidak akan menjadikan gangguan oleh Partai Komunis China untuk meninggalkan Taiwan," ujarnya seperti dikutip dari CNN, Jumat (26/8/2022).

Kunjungan yang dilakukan Blackburn, anggota Partai Republik asal Tennessee yang duduk di Komite Angkatan Bersenjata Senat, mengikuti sejumlah kunjungan yang dilakukan baru-baru ini oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan pejabat AS lainnya.

"Taiwan adalah mitra terkuat kami di kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tingkat tinggi reguler ke Taipei adalah kebijakan lama AS," kata Blackburn dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan dalam tweetnya pada Jumat pagi, senator AS itu, yang tidak mewakili pemerintahan Biden, menegaskan kembali dukungannya untuk Taiwan.

"Saya tidak akan pernah bersujud kepada Partai Komunis China," katanya.

Baca juga: Kemarahan China Tak Digubris, Makin Banyak Anggota Parlemen AS Kunjungi Taiwan

"Saya akan terus mendukung (Taiwan) dan hak mereka untuk kebebasan dan demokrasi. Xi Jinping tidak membuat saya takut," tambahnya kemudian, merujuk pada pemimpin China.

Bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada Jumat pagi, Blackburn menekankan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan, yang katanya dimiliki Washington dengan Taiwan.

"Memang penting bahwa negara-negara yang mencintai kebebasan mendukung Taiwan karena mereka berusaha mendukung untuk mempertahankan kemerdekaan dan kebebasan mereka," kata Blackburn.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2283 seconds (10.177#12.26)