Calon PM Inggris Liz Truss Siap Gunakan Senjata Nuklir, Artinya Pemusnahan Global

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 00:14 WIB
loading...
Calon PM Inggris Liz Truss Siap Gunakan Senjata Nuklir, Artinya Pemusnahan Global
Calon favorit perdana menteri Inggris, Liz Truss, siap menggunakan senjata nuklir jika terpilih memimpin Inggris. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Liz Truss, calon favorit perdana menteri (PM) Inggris , mengaku siap menggunakan senjata nuklir jika perlu—bahkan jika itu berarti pemusnahan global.

Truss, yang saat ini menjabat sebagai menteri luar negeri, dijagokan banyak pihak untuk menjadi PM Inggris bulan depan.

Dalam sebuah program di Times Radio yang dipandu John Pienaar pada Rabu malam, Truss ditanya apakah dia akan memerintahkan serangan nuklir dengan latar belakang masalah perang Rusia-Ukraina.



“Perintah Anda kepada kapten kapal Trident kami tentang apakah Anda, perdana menteri, memberikan perintah untuk melepaskan senjata nuklir. Itu berarti pemusnahan global... Bagaimana perasaan Anda?” tanya Pienaar.

Truss, tanpa emosi, menjawab: "Saya pikir ini adalah tugas penting perdana menteri dan saya siap untuk melakukan itu."

"Saya siap untuk melakukan itu," katanya lagi, seperti dikutip dari The Independent, Jumat (26/8/2022).

Jawaban Truss muncul ketika dia berjanji untuk mendeklasifikasi lebih banyak intelijen Inggris guna mengekspos lebih banyak upaya Rusia untuk melemahkan Barat.

Menulis di Daily Telegraph pada hari Kemerdekaan Ukraina, Truss menunjuk pada upaya pemerintah saat ini untuk "melawan narasi palsu Kremlin".

“Saya akan melangkah lebih jauh sebagai perdana menteri dengan melakukan segala kemungkinan—termasuk mendeklasifikasi lebih banyak intelijen—guna mengekspos buku pedoman Putin kepada dunia,” tulis Truss.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)