AS Desak Warganya Tinggalkan Ukraina

Rabu, 24 Agustus 2022 - 00:36 WIB
loading...
AS Desak Warganya Tinggalkan Ukraina
AS desak warganya tinggalkan Ukraina karena kemungkinan Rusia akan melancarkan serangan tepat pada Hari Kemerdekaan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
KIEV - Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) mendesak semua warga Amerika di Ukraina untuk meninggalkan negara itu. Pasalnya, militer Rusia mungkin akan melancarkan serangan yang sangat berbahaya minggu ini untuk menandai Hari Kemerdekaan Ukraina.

Deplu AS mengeluarkan peringatan keamanan yang mengatakan serangan Rusia diperkirakan akan mengenai sasaran sipil dan pemerintah selama beberapa hari mendatang sekitar hari libur pada hari Rabu.

"Departemen Luar Negeri memiliki informasi bahwa Rusia sedang meningkatkan upaya untuk melancarkan serangan terhadap infrastruktur sipil dan fasilitas pemerintah Ukraina dalam beberapa hari mendatang," kata Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari UPI,Rabu (24/8/2022).

Para pejabat AS mengatakan pasukan Rusia telah menempatkan lebih banyak kapal perang di Laut Hitam di lepas pantai selatan Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu lalu mengatakan bahwa pasukan Rusia mungkin mencoba melakukan sesuatu yang "sangat kejam" minggu ini.



"Pedang senjata nuklir harus dihentikan," kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres kepada Dewan Keamanan pada hari Senin.

Dia menyerukan masyarakat internasional untuk datang ke meja perundingan untuk meredakan ketegangan dan mengakhiri perlombaan senjata nuklir, sekali dan untuk semua.

Guterres juga mengatakan masa depan umat manusia ada di tangan kita pada "saat bahaya maksimum" ini.

Dia menyerukan komitmen yang sama untuk dialog dan hasil di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, di mana pertempuran telah menimbulkan kekhawatiran di antara para pemimpin dan pakar nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)