Di Pertemuan ASEAN-Australia, RI Dorong Kerjasama Pengembangan Obat dan Vaksin Covid-19

Selasa, 30 Juni 2020 - 21:37 WIB
loading...
Di Pertemuan ASEAN-Australia, RI Dorong Kerjasama Pengembangan Obat dan Vaksin Covid-19
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mendorong adanya kolaborasi antara ASEAN dan Australia dalam pengembangan obat dan vaksin Covid-19. Foto/Kemlu RI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mendorong adanya kolaborasi antara ASEAN dan Australia dalam pengembangan obat dan vaksin Covid-19. Hal itu disampaikan Retno dalam pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN dan Australia.

Retno menuturkan, Indonesia adalah salah satu co-sponsor dalam resolusi mengenai Covid-19 yang berhasil diadopsi Majelis Kesehatan Dunia di Jenewa pada Mei 2020 lalu. Adopsi resolusi ini tidak lepas dari kontribusi aktif Australia.

( Baca Juga: Baca juga: ASEAN dan China Berseteru, Dua Kapal Induk AS Unjuk Kekuatan
"Penandatangan RCEP yang rencananya dilakukan pada November 2020 akan berdampak signifikan pada upaya pemulihan ekonomi paska pandemi di kawasan. 15 negara yang telah menyepakati RCEP, termasuk Australia merupakan kekuatan ekonomi global yang sangat besar, yang mencakup seperempat GDP dunia, dengan dua miliar penduduk," ungkapnya.

Sementara itu, di bidang politik dan keamanan, Retno menuturkan bahwa ASEAN Outlook on Indo-Pacific merupakan "kendaran" yang bagus untuk memelihara stabilitas, perdamaian dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)