Mike Pence Tegaskan Tak Bawa Dokumen Rahasia Saat Lengser

Minggu, 21 Agustus 2022 - 00:49 WIB
loading...
Mike Pence Tegaskan Tak Bawa Dokumen Rahasia Saat Lengser
Presiden AS Donald Trump menoleh ke Wakil Presiden Mike Pence setelah konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih, Washington, AS, 27 April 2020. Foto/REUTERS/Carlos Barria
A A A
WASHINGTON - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence mengatakan pada Jumat (19/8/2022) bahwa dia tidak membawa informasi rahasia apa pun ketika dia lengser.

Pence membuat komentar itu selama wawancara dengan The Associated Press (AP) di Iowa satu setengah pekan setelah FBI menyita informasi sangat rahasia selama penggeledahan di Mar-a-Lago, kediaman mantan Presiden AS Donald Trump.

Ditanya langsung apakah dia menyimpan informasi rahasia apa pun setelah meninggalkan kantor, Pence berkata, "Tidak, setahu saya."

Baca juga: Wali Kota London: Jutaan Orang Bisa Tanpa Pemanas dan Makanan di Musim Dingin

Pengungkapan yang biasanya biasa-biasa saja untuk mantan wakil presiden itu penting mengingat agen FBI mengambil 11 set catatan rahasia dari rumah mantan bosnya pada 8 Agustus saat menyelidiki potensi pelanggaran tiga undang-undang federal yang berbeda.

Trump telah mengklaim dokumen yang disita agen FBI "semuanya tidak dirahasiakan" dan berpendapat dia akan menyerahkannya jika Departemen Kehakiman memintanya.

Baca juga: Tentara Rusia di Ukraina Keracunan Bahan Kimia Berbahaya, Kiev Dituding Pelakunya

Terlepas dari penyertaan materi bertanda "sangat rahasia" dalam daftar barang yang ditemukan aparat pemerintah dari Mar-a-Lago, Pence mengatakan, "Sejujurnya saya tidak ingin berprasangka sebelumnya sampai kita mengetahui semua faktanya."

Pence pada Jumat juga menyoroti kekalahan anggota DPR dari Partai Republik Liz Cheney awal pekan ini saat melawan saingan yang didukung Trump.

Cheney, yang bisa dibilang kritikus Partai Republik paling menonjol Trump, telah menyebut mantan presiden itu "ancaman dan risiko yang sangat besar bagi republik kita".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2125 seconds (11.252#12.26)