Jerman Selidiki Pernyataan Abbas tentang 50 Holocaust Israel pada Palestina

Minggu, 21 Agustus 2022 - 01:01 WIB
loading...
Jerman Selidiki Pernyataan Abbas tentang 50 Holocaust Israel pada Palestina
Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas menggelar konferensi pers di Berlin, Jerman, 16 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Lisi Niesner
A A A
BERLIN - Kepolisian Berlin membuka penyelidikan terhadap Presiden Palestina Mahmoud Abbas karena menyatakan Israel telah melakukan "50 Holocaust" terhadap warga Palestina.

Harian Jerman Bild melaporkan pada Jumat (19/8/2022) bahwa Abbas sedang diselidiki atas kemungkinan hasutan kebencian setelah menerima pengaduan pidana resmi.

Polisi Berlin mengkonfirmasi laporan tersebut. Di Jerman, meremehkan Holocaust adalah pelanggaran pidana, tetapi membuka penyelidikan pendahuluan tidak secara otomatis memerlukan penyelidikan penuh.

Baca juga: Israel dan Turki Umumkan Normalisasi Hubungan, Segera Tunjuk Dubes

Selama konferensi pers yang diadakan di Berlin bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz, Abbas mengatakan Israel melakukan "50 Holocaust" terhadap warga Palestina, mengacu pada kejahatan dan pembantaian Israel yang sedang berlangsung sejak 1948.

Pernyataannya memicu kemarahan di Jerman dan Israel karena dia dituduh meremehkan Holocaust, mendorongnya menjelaskan pernyataannya.

Jerman menegaskan bahwa Abbas, sebagai perwakilan Palestina, akan memiliki kekebalan dari penuntutan karena dia mengunjungi negara itu dalam kapasitas resmi.

(sya)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2484 seconds (10.177#12.26)