Jadi Salah Satu Penguasa Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaan Raja Salman?

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 22:20 WIB
loading...
Jadi Salah Satu Penguasa Terkaya di Dunia, Berapa Jumlah Kekayaan Raja Salman?
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud menjabat sejak Januari 2015 menggantikan Raja Abdullah bin Abdul-Aziz yang telah wafat.

Menjadi seorang penguasa di negara yang kaya akan sumber daya alam berupa minyak mentah ini membuatnya menjadi salah satu raja terkaya di dunia.

Dia sering masuk ke dalam jajaran penguasa terkaya di dunia yang dikeluarkan beberapa majalah dan web internasional. Namun berapakan jumlah kekayaan yang dimiliki Raja Salman?



Melansir CEO World Magazine, pada tahun 2019 Raja Salman menduduki peringkat tiga dengan total kekayaan USD18 miliar.

Jumlah ini masih kalah dari kekayaan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, yang secara resmi dikenal sebagai Raja Rama X yang memiliki kekayaan bersih USD43 miliar.

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei berada di urutan kedua dengan total kekayaan senilai USD28 miliar.



Selanjutnya Celebrity Net Worth juga sempat mengungkap besaran kekayaan Raja Salman. Dalam tulisannya disebutkan dia memiliki kekayaan bersih USD20 miliar.

Kemudian yang terbaru tahun 2022, dilansir dari scmp.com, Keluarga kerajaan Arab Saudi berada di peringkat pertama dengan total kekayaan senilai USD1.4 triliun.

Ini membuat keluarga kerajaan Arab Saudi menjadi yang terkaya di dunia mengalahkan keluarga Kerajaan Inggris dan Uni Emirat Arab yang berada di posisi 5 dan 4.

Keluarga Kerajaan Arab Saudi menjadi keluarga yang paling kaya tak lepas dari investasi yang dilakukan oleh Putra Mahkota Sheikh Mohammed bin Salman baru-baru ini menandatangani saham Saudi Investment Fund senilai USD2 miliar di perusahaan baru Jared Kushner.

Ditambah juga dengan Pangeran Alwaleed bin Talal diyakini sebagai keluarga kerajaan terkaya kedua dengan kekayaan bersih sekitar USD16 miliar.

Menguasai negara yang setiap tahunnya didatangi jutaan jamaah haji dan memiliki cadangan minyak mentah terbesar di dunia tentu membuat keluarga kerajaan ini termasuk sang penguasa Raja Salman bergelimangan harta.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)