Brak! Dua Pesawat Bertabrakan di Langit California, 2 Tewas

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 19:14 WIB
loading...
Brak! Dua Pesawat Bertabrakan di Langit California, 2 Tewas
Dua pesawat jenis Cessna bertabrakan di langit sebuah bandara di California, AS, menyebabkan 2 orang tewas. Foto/AP
A A A
WATSONVILLE - Dua pesawat kecil jenis Cessna bertabrakan di California Utara, Amerika Serikat (AS) saat mencoba mendarat di bandara setempat. Setidaknya dua dari tiga penumpang tewas akibat insiden tersebut.

Menurut tweet dari kota Watsonville, pesawat-pesawat itu jatuh di bandara kota tersebut sesaat sebelum jam 3 sore waktu setempat. Bandara milik kota ini tidak memiliki menara kontrol untuk mengarahkan pesawat saat mendarat dan lepas landas.

Menurut lembaga regulator penerbangan sipil AS, Badan Penerbangan Federal (FAA), ada dua orang di dalam pesawat Cessna 340 bermesin ganda dan hanya seorang pilot yang berada di dalam pesawat Cessna 152 bermesin tunggal dalam kecelakaan itu. Para pejabat mengatakan banyak korban jiwa dilaporkan tetapi tidak segera jelas apakah ada yang selamat.

"Pilot berada pada pendekatan terakhir mereka ke bandara sebelum tabrakan," kata FAA dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (19/8/2022).

FAA dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, yang tidak segera memiliki rincian tambahan, tengah menyelidiki kecelakaan itu.



Tidak ada seorang pun di daratan yang terluka.

Foto dan video yang diposting di media sosial menunjukkan puing-puing satu pesawat kecil di lapangan berumput di dekat bandara. Satu gambar menunjukkan kepulan asap terlihat dari jalan dekat bandara.

Sebuah foto dari kota Watsonville menunjukkan kerusakan pada sebuah bangunan kecil di bandara, dengan petugas pemadam kebakaran berada di lokasi.

"Pesawat-pesawat itu berada sekitar 61 meter di udara ketika mereka jatuh," kata seorang saksi mata kepada Santa Cruz Sentinel.

Franky Herrera sedang mengemudi melewati bandara ketika dia melihat pesawat bermesin ganda miring ke kanan dan menabrak sayap pesawat yang lebih kecil, yang hanya berputar dan jatuh di dekat tepi lapangan terbang dan tidak jauh dari rumah, dia mengatakan kepada surat kabar.



"Pesawat bermesin ganda itu terus terbang tetapi penuh perjuangan," kata Herrera, dan kemudian dia melihat api di sisi lain bandara.

Watsonville, dekat Teluk Monterey, berjarak sekitar 160 kilometer sebelah selatan San Francisco.

Manajer Bandara Kota Watsonville tidak dapat dihubungi untuk wawancara telepon beberapa jam setelah kecelakaan itu. Menurut situs kota Watsonville, bandara ini menyumbang sekitar 40% dari semua kegiatan penerbangan umum di wilayah Teluk Monterey.

Sementara menurut situsnya, bandara ini memiliki empat landasan pacu dan merupakan rumah bagi lebih dari 300 pesawat. Bandara ini menangani lebih dari 55.000 operasi setahun dan sering digunakan untuk pesawat rekreasi dan bisnis pertanian.

Departemen Kepolisian Watsonville merujuk panggilan ke Kantor Sheriff Santa Cruz County, di mana petugas operator tidak memiliki informasi.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)