Rusia Ancam Tutup Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Jika Serangan Berlanjut

Kamis, 18 Agustus 2022 - 20:51 WIB
loading...
Rusia Ancam Tutup Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia Jika Serangan Berlanjut
Rusia ancam tutup pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia jika serangan terus berlanjut. Foto/Japan Times
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina selatan dapat ditutup jika pasukanKiev terus menembaki fasilitas itu. Tuduhanyang dibantah oleh Ukraina.

Dalam sebuah pengarahan, kepala pasukan pertahanan radioaktif kimia dan biologi Rusia, Igor Kirillov, mengatakan bahwa sistem pendukung cadangan pabrik telah rusak akibat penembakan.

Kirillov mengatakan bahwa jika terjadi kecelakaan di pabrik, bahan radioaktif akan mencakup Jerman, Polandia, dan Slovakia seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (18/8/2022).

Sementara itu, Kiev membantah telah menyerang pembangkit listrik nuklir yang merupakan terbesar di Eropa dan telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak Maret lalu.

"Saya belum melihat bukti apapun yang dikonfirmasi dari setiap penembakan oleh militer Ukraina di pabrik itu sendiri," kata Shaun Burnie, spesialis nuklir di Greenpeace Asia Timur yang berada di Ukraina bulan lalu untuk memantau situs nuklir Chernobyl seperti dikutip dari DW.

Terkait pernyataan Kirillov bahwa sistem pendukung cadangan pabrik rusak akibat penembakan, Burnie pun memberikan tanggapan.



"Tiga dari empat jalur transmisi pabrik dilaporkan 'mati' pada akhir pekan lalu, kemungkinan besar karena serangan," ujarnya.

Dikatakan oleh Burnie generator diesel dan baterai cadangan pembangkit tetap tidak cukup untuk mendinginkan, tidak hanya enam reaktor, tetapi kumpulan besar bahan bakar bekas radioaktif.

"Ini situasi yang sangat serius," ia menekankan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)