Rangkaian Serangan Bom dan Aksi Pembakaran Landa Thailand Selatan

Rabu, 17 Agustus 2022 - 14:41 WIB
loading...
Rangkaian Serangan Bom dan Aksi Pembakaran Landa Thailand Selatan
Rangkaian Serangan Bom dan Aksi Pembakaran Landa Thailand Selatan. FOTO/Twitter
A A A
BANGKOK - Ledakan dan kebakaran melanda setidaknya 17 lokasi di Thailand selatan pada Rabu (17/8/2022). Pihak berwenang menilai serangan ini tampaknya merupakan beberapa serangan terkoordinasi yang melukai tujuh orang.

Seperti dilaporkan Reuters, serangan bom dan pembakaran terjadi setelah tengah malam dan menargetkan toko-toko dan sebuah pompa bensin di tiga provinsi, melukai sedikitnya tujuh orang. Sejauh ini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.



Provinsi-provinsi di Thailand selatan di sepanjang perbatasan dengan Malaysia telah menyaksikan pemberontakan tingkat rendah selama beberapa dekade.

Di wilayah ini, pemerintah Thailand telah memerangi kelompok-kelompok bayangan yang mencari kemerdekaan untuk provinsi-provinsi yang berpenduduk mayoritas Muslim di Pattani, Yala, Narathiwat dan sebagian Songkhla.

Lebih dari 7.300 orang tewas dalam konflik itu sejak 2004, menurut kelompok Deep South Watch, yang memantau kekerasan itu. Pembicaraan damai yang dimulai pada tahun 2013 telah menghadapi gangguan berulang.

Serangan hari Rabu terjadi setelah pemerintah Thailand awal tahun ini memulai kembali diskusi dengan kelompok pemberontak utama, Barisan Revolusi Nasional, setelah jeda dua tahun karena pandemi.



Organisasi Persatuan Pembebasan Patani (PULO), yang dikesampingkan dari putaran terakhir pembicaraan, melakukan pemboman selama bulan suci Ramadhan. PULO mengklaim dialog itu tidak inklusif. Pemerintah telah mengatakan siap untuk berbicara dengan semua kelompok.

Sementara Pemimpin organisasi itu, Kasturi Makhota, mengatakan kepada Reuters bahwa serangan hari Rabu "tidak ada hubungannya dengan PULO".
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)