10 Penambang Meksiko Terjebak Hampir 2 Pekan di Tambang Batu Bara

Rabu, 17 Agustus 2022 - 09:45 WIB
loading...
10 Penambang Meksiko Terjebak Hampir 2 Pekan di Tambang Batu Bara
10 Penambang Meksiko Terjebak Hampir 2 Pekan di Tambang Batu Bara. FOTO/Reuters
A A A
MEXICO CITY - Meksiko akan meminta perusahaan Jerman dan Amerika Sserikat (AS) untuk membantu menyelamatkan 10 penambang yang telah terperangkap di tambang batu bara selama hampir dua pekan.

Keluarga para penambang mendesak tindakan lebih cepat untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap. Kementerian Luar Negeri Meksiko tidak segera menanggapi ketika ditanya dua perusahaan mana yang dihubungi.

Baca: Lereng Gunung di Tambang Batu Bara China Runtuh, 10 Tewas

Seperti dilaporkan Reuters, para penambang terkurung di bawah tanah di tambang Pinabete yang terletak di negara bagian perbatasan utara Coahuila pada 3 Agustus. Mereka terjebak ketika dinding terowongan runtuh, yang memicu banjir di seluruh tambang.

Air melonjak lebih dari setengah jalan poros tambang 60 meter, dan para pejabat telah berjuang untuk mengekstrak cukup air dan puing-puing, seperti pipa dan papan kayu untuk dapat dengan aman mengirim tim penyelamat ke tambang.

Laura Velazquez, Kepala Badan Perlindungan Sipil Meksiko, mengatakan, para pejabat Meksiko, termasuk Kementerian Luar Negeri, akan berbicara dengan perusahaan-perusahaan itu pada Selasa.

"Mereka adalah dua perusahaan yang akan memberi kami pendapat untuk menentukan tindakan kami dengan lebih tepat," katanya dalam konferensi pers reguler pemerintah.

Baca: Tragis! 2 Penambang Emas Ilegal di Merangin Tewas Tertimbun Longsor

Sementara itu, para insinyur sedang memompa air keluar dari Pinabete sambil bekerja untuk menutup tambang Conchas Norte di dekatnya - di mana air yang telah terakumulasi selama lebih dari 25 tahun sekarang mengalir ke Pinabete karena runtuhnya terowongan bawah tanah.

Kerabat penambang yang terjebak mengatakan rasa frustrasi mereka meningkat dengan setiap penundaan dan menyalahkan pemerintah karena tidak bertindak lebih cepat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1528 seconds (11.97#12.26)