Pria Bersenjata Bunuh 10 Orang, Ditembak Mati Pejalan Kaki

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 07:03 WIB
loading...
Pria Bersenjata Bunuh 10 Orang, Ditembak Mati Pejalan Kaki
Petugas pemadam kebakaran berdiri di dekat mayat korban penembakan massal di Montenegro. Foto/AP
A A A
CETINJE - Seorang pria bersenjata mengumbar tembakan di jalan-jalan kota Montenegro barat pada Jumat waktu setempat. Aksinya tersebut menewaskan 10 orang, termasuk dua anak-anak. Pelaku kemudian tewas ditembak mati oleh seorang pejalan kaki .

Kepala polisi Montenegro Zoran Brdjanin mengatakan dalam sebuah pernyataan video yang dibagikan kepada media bahwa pelaku penyerangan adalah seorang pria berusia 34 tahun yang diidentifikasi hanya dengan inisialnya VB.

Brdjanin mengatakan pria itu menggunakan senapan berburu untuk pertama-tama menembak mati dua anak berusia 8 dan 11 tahun serta ibu mereka, yang tinggal sebagai penyewa di rumah pelaku di lingkungan Medovina di Cetinje.

Baca juga: Tersangka Penembakan Massal 4 Juli Mengaku Tidak Bersalah

Pelaku kemudian berjalan ke jalan dan secara acak menembak 13 orang lagi, tujuh di antaranya fatal.

“Saat ini, tidak jelas apa yang memprovokasi VB untuk melakukan tindakan keji ini,” kata Brdjanin seperti dikutip dari AP, Sabtu (13/8/2022).

Andrijana Nastic, jaksa yang mengoordinasikan investigasi TKP, mengatakan kepada wartawan bahwa pria bersenjata itu dibunuh oleh seorang pejalan kaki dan seorang petugas polisi termasuk di antara yang terluka. Dia mengatakan sembilan dari mereka yang tewas meninggal di tempat kejadian dan dua meninggal di rumah sakit tempat mereka dibawa untuk operasi.

Baca juga: Pria Palestina Mengamuk Tembak 17 Orang karena Istri Pergi ke Pantai Tanpa Izin

Cetinje, pusat pemerintahan kerajaan Montenegro, terletak 36 kilometer barat Podogrica, Ibu Kota negara Balkan saat ini.

Perdana Menteri Dritan Abazovic menulis di saluran Telegramnya bahwa insiden itu adalah tragedi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mendesak bangsa itu untuk, dalam pikiran mereka, bersama keluarga para korban yang tidak bersalah, kerabat mereka, teman dan semua orang di Cetinje.

Presiden Montenegro Milo Djukanovic mengatakan di Twitter bahwa dia sangat tersentuh oleh berita tentang tragedi mengerikan di Cetinje. Ia pun menyerukan solidaritas dengan keluarga yang kehilangan orang yang dicintai dalam insiden tersebut.

Baca juga: Dua Aksi Penembakan di Bar Afrika Selatan Tewaskan 19 Orang

(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1300 seconds (11.252#12.26)