Pertempuran Sengit Pecah Dekat Donetsk, Rusia Gencarkan Serangan di Ukraina Timur

Kamis, 11 Agustus 2022 - 16:04 WIB
loading...
Pertempuran Sengit Pecah Dekat Donetsk, Rusia Gencarkan Serangan di Ukraina Timur
Tentara Ukraina berada di dekat garis depan pertempuran di desa Pisky, Donetsk, 29 Januari 2022. Foto/REUTERS
A A A
DONETSK - Pertempuran sengit berkecamuk di sekitar kota Pisky, Ukraina timur pada Kamis (11/8/2022) saat Rusia bertekad merebut semua wilayah industri Donbass.

Seorang pejabat Republik Rakyat Donetsk (DPR) yang didukung Rusia mengatakan Pisky, di garis depan hanya 10 km barat laut ibukota provinsi Donetsk, berada di bawah kendali pasukan Rusia dan separatis.

“Kondisi panas di Pisky. Kota ini milik kami tetapi masih ada kantong-kantong perlawanan yang tersebar di utara dan baratnya,” papar pejabat DPR, Danil Bezsonov, di Telegram.

Baca juga: Media Jerman Ungkap Berbagai Kesepakatan Rahasia Zelensky

Pejabat Ukraina membantah kota yang dijaga ketat itu telah jatuh ke tangan Rusia. Kota itu menjadi kunci pertahanan Donetsk. Reuters tidak dapat memverifikasi kebenaran klaim sejumlah akun medan perang.

Wilayah Donbass yang terdiri dari provinsi Luhansk dan Donetsk menjadi target utama Moskow setelah gagal merebut ibu kota Kiev pada awal perang pada Februari.

Luhansk sekarang hampir sepenuhnya berada di bawah kendali Rusia tetapi Donetsk masih belum sepenuhnya dikuasai.

Baca juga: Ukraina Hentikan Pasokan Minyak Rusia ke Uni Eropa

Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovych mengatakan dalam wawancara yang diposting di YouTube bahwa, "Gerakan Rusia ke Pisky tidak berhasil."

Gubernur regional Luhansk Serhiy Gaidai, yang diwawancarai televisi Ukraina, mengatakan Rusia telah mengirim semakin banyak tentara bayaran ke wilayah tersebut, termasuk dari perusahaan keamanan swasta Wagner.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1084 seconds (10.101#12.26)