Wabah Virus Baru Muncul di China, Taiwan Tingkatkan Kewaspadaan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:35 WIB
loading...
Wabah Virus Baru Muncul di China, Taiwan Tingkatkan Kewaspadaan
Peneliti bekerja di dalam laboratorium. Foto/ani
A A A
BEIJING - Sebanyak 35 orang di China terinfeksi virus henipa baru yang tampaknya menyebar dari hewan ke manusia. Munculnya wabah itu memicu alarm di Taiwan terkait patogen yang berpotensi berbahaya.

“Laboratorium Taiwan perlu menetapkan prosedur pengujian standar untuk mengidentifikasi Langya henipavirus (LayV),” papar Chuang Jen-hsiang, wakil direktur Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Taiwan, mengatakan kepada wartawan pada Minggu (7/8/2022).

Dia menjelaskan, “Pengurutan genom virus diperkirakan akan selesai dalam waktu sekitar satu pekan.”



Chuang membuat komentarnya tiga hari setelah New England Journal of Medicine memposting penelitian tentang virus yang baru ditemukan, yang terdeteksi di provinsi Shandong dan Henan China.

Semua pasien yang terkena virus itu mengalami demam tinggi, sementara setidaknya setengahnya juga mengalami kelelahan, batuk, kehilangan nafsu makan dan penurunan sel darah putih.

Lebih dari sepertiga pasien menderita gagal hati, dan 8% mengalami gagal ginjal.



Studi tersebut mengatakan LayV adalah bagian dari keluarga Paramyxoviridae dari virus RNA untai negatif, yang dapat menyebabkan "penyakit fatal."

Kemunculannya terjadi saat pejabat kesehatan masyarakat di seluruh dunia masih menangani pandemi Covid-19 yang dilaporkan telah menewaskan lebih dari 6,4 juta orang.

Belum diketahui apakah patogen dapat menyebar dari manusia ke manusia, menurut para peneliti.

Pengujian pada hewan di daerah yang terkena dampak menunjukkan 5% anjing dan 2% kambing telah terinfeksi. Tikus mungkin menjadi pembawa utama LayV, karena 27% dinyatakan positif.

“Tak satu pun dari 35 manusia yang terinfeksi memiliki kontak dekat satu sama lain atau riwayat paparan umum,” ujar Chuang.

Pelacakan kontak menunjukkan tidak ada anggota keluarga atau individu lain yang terpapar orang yang terinfeksi virus tersebut.

CDC Taiwan akan bekerja dengan regulator pertanian untuk mempelajari apakah patogen serupa ada pada spesies asli pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, menurut Chuang.

“Wabah China sejauh ini belum menyebabkan kematian,” ungkap dia.

Peneliti China menemukan henipavirus baru, yang disebut Mojiang paramyxovirus (MojV), pada tahun 2013.

Tikus yang tinggal di tambang tembaga yang ditinggalkan di provinsi Yunnan ditemukan terinfeksi virus.

Tiga pria yang telah bekerja di tambang jatuh sakit dengan radang paru-paru parah. Mereka meninggal jauh sebelum para ilmuwan tiba di tempat kejadian, jadi tidak ada koneksi langsung ke MojV yang dikonfirmasi.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)