Perlintasan Gaza Dibuka saat Gencatan Senjata Israel dan Jihad Islam

Senin, 08 Agustus 2022 - 16:46 WIB
loading...
Perlintasan Gaza Dibuka saat Gencatan Senjata Israel dan Jihad Islam
Penjaga perbatasan Palestina berjalan di belakang gerbang di Perlintasan Erez yang ditutup Israel sejak pekan lalu di utara Jalur Gaza, pada 4 Agustus 2022. Foto/REUTERS/Mohammed Salem
A A A
JALUR GAZA - Truk-truk bahan bakar minyak (BBM) memasuki Gaza saat gencatan senjata yang ditengahi Mesir antara Israel dan pejuang Jihad Islam diterapkan pada Senin (8/8/2022).

Perkembangan itu meningkatkan harapan bahwa konflik intens yang menewaskan puluhan warga Palestina telah berakhir.

Seorang wartawan AFP di perlintasan barang ke Gaza selatan melihat truk-truk bermuatan bahan bakar memasuki daerah kantong itu.

Baca juga: Arab Saudi Marah Besar Pemukim Yahudi Israel Serbu Masjid Al Aqsa

Pergerakan truk itu mengakhiri kekurangan parah BBM yang mendorong satu-satunya pembangkit listrik di Gaza ditutup pada Sabtu.

Kedatangan pasokan vital mengikuti dimulainya gencatan senjata pada pukul 11:30 malam waktu setempat pada Minggu.

Gencatan senjata itu untuk membendung pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu yang menghancurkan wilayah pesisir Palestina.

Baca juga: Jihad Islam Palestina: Asal-usul, Perjuangan, Pelatihan dan Sumber Dananya

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 15 anak termasuk di antara 44 orang yang tewas dalam pertempuran sengit selama tiga hari.

Meskipun ada serangkaian serangan udara dan serangan roket menjelang gencatan senjata, tidak ada pihak yang melaporkan pelanggaran besar terhadap perjanjian semalam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1357 seconds (11.210#12.26)