Pertama di Dunia, Ilmuwan Israel Ciptakan Embrio Tanpa Telur, Sperma dan Rahim

Kamis, 04 Agustus 2022 - 13:54 WIB
loading...
A A A
"Kami berhasil mengatasi rintangan ini dengan melepaskan potensi pengorganisasian diri yang dikodekan dalam sel induk," ujarnya, yang dilansir ABC.net.au, Kamis (4/8/2022).

Embrio Tikus Buatan

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan membuat struktur yang menyerupai embrio tikus, menggunakan perancah 3D dan dua jenis sel induk, dalam penelitian yang mereka katakan dapat membantu menjelaskan mengapa dua pertiga kehamilan manusia gagal selama tahap awal.

Tim Hanna membangun dua kemajuan sebelumnya di labnya.

Salah satunya adalah metode yang efisien untuk memprogram ulang sel punca kembali ke keadaan naif—yaitu, ke tahap paling awal—ketika mereka memiliki potensi terbesar untuk berspesialisasi ke dalam jenis sel yang berbeda.

Yang lainnya--dijelaskan dalam makalah ilmiah di Nature pada Maret 2021—adalah perangkat yang dikendalikan secara elektronik yang telah dikembangkan tim selama tujuh tahun percobaan dan kesalahan untuk menumbuhkan embrio tikus alami di luar rahim.

Perangkat itu membuat embrio terendam dalam larutan nutrisi di dalam gelas kimia yang bergerak terus-menerus, mensimulasikan cara nutrisi dipasok oleh aliran darah ibu ke plasenta, dan secara ketat mengontrol pertukaran oksigen dan tekanan atmosfer.

Dalam penelitian sebelumnya, tim telah berhasil menggunakan perangkat ini untuk menumbuhkan embrio tikus alami dari hari kelima hingga hari ke-11.

Dalam studi baru, tim mulai menumbuhkan model embrio sintetis hanya dari sel induk tikus naif yang telah dikultur selama bertahun-tahun dalam cawan Petri, tanpa perlu memulai dengan telur yang dibuahi.

Pendekatan ini sangat berharga karena dapat, sebagian besar, melewati masalah teknis dan etika yang terlibat dalam penggunaan embrio alami dalam penelitian dan bioteknologi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1798 seconds (11.252#12.26)