Ukraina Sebut Rusia Siapkan Serangan ke Kampung Halaman Zelensky

Kamis, 04 Agustus 2022 - 00:27 WIB
loading...
Ukraina Sebut Rusia Siapkan Serangan ke Kampung Halaman Zelensky
Rusia dilaporkan siapkan serangan ke kampung halaman Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina mengatakan bahwa Rusia telah memulai menciptakan kekuatan serangan militer yang ditujukan ke kota kelahiran Presiden Volodymyr Zelensky di Kryvyi Rih. Ukraina juga memperingatkan bahwa Moskow dapat mempersiapkan operasi ofensif baru di Ukraina selatan.

Rusia menguasai sebagian besar wilayah selatan Ukraina yang direbutnya pada fase awal invasi 24 Februari, tetapi Kiev mengatakan akan melakukan serangan balasan. Dikatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah merebut kembali 53 desa di wilayah Kherson yang diduduki.

Dalam pembaruan rutinnya tentang perang di selatan, komando militer selatan Ukraina menggambarkan situasinya penuh ketegangan dan mengatakan Rusia menyerang di sepanjang garis depan pada 2 Agustus.

Kota penghasil baja Kryvyi Rih tempat Zelensky dibesarkan terletak sekitar 50 km dari garis depan selatan.



“(Rusia) telah mulai membuat kelompok penyerang ke arah Kryvyi Rih. Kemungkinan besar juga bahwa musuh sedang mempersiapkan serangan balasan yang tidak bersahabat dengan rencana selanjutnya untuk mencapai batas administratif wilayah Kherson,” kata komando militer selatan Ukraina seperti dikutip dari The Globe and Mail, Kamis (4/8/2022).

Ukraina telah mencoba untuk meningkatkan tekanan pada posisi Rusia di Kherson wilayah Laut Hitam yang penting secara strategis dan telah menggunakan senjata jarak jauh yang dipasok Barat untuk melakukan serangan terhadap jalur pasokan Rusia dan tempat pembuangan amunisi.

Militer Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Rusia sedang mencari ruang bawah tanah di wilayah tersebut untuk mengubahnya menjadi tempat perlindungan bom untuk menyimpan perangkat keras militer.

Pada hari Selasa, Zelensky menggambarkan pertempuran di beberapa bagian dari garis depan timur di Donbas yang sangat industri sebagai "neraka" dalam pidato malamnya kepada bangsa Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)