Citra Satelit: Ledakan Dahsyat Iran Diyakini dari Situs Rudal Bawah Tanah

Senin, 29 Juni 2020 - 08:25 WIB
loading...
A A A
Badan Intelijen Pertahanan (DIA) Amerika Serikat mengatakan Iran secara keseluruhan memiliki program fasilitas bawah tanah terbesar di Timur Tengah. (Baca juga: Iran: Ledakan Dahsyat Parchin Bukan dari Pangkalan Militer )

"Situs-situs tersebut mendukung sebagian besar segi kemampuan rudal balistik Teheran, termasuk kekuatan operasional dan pengembangan rudal dan program produksi," kata DIA dalam laporan tahun 2019.

Para pejabat Iran sendiri juga mengidentifikasi situs itu berada di Parchin, rumah bagi pangkalan militer di mana Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebelumnya mengatakan mereka mencurigai Iran melakukan tes pemicu ledakan yang dapat digunakan dalam senjata nuklir.

Iran telah lama membantah mencari senjata nuklir, meskipun IAEA sebelumnya mengatakan Iran telah melakukan pekerjaan dalam mendukung kemungkinan dimensi militer untuk program nuklirnya, yang sebagian besar dihentikan pada akhir 2003.

Kekhawatiran Barat atas program atom Iran menyebabkan sanksi dan akhirnya berujung pada kesepakatan nuklir 2012 antara Teheran dengan negara-negara kekuatan dunia. Namun, AS di bawah Presiden Donald Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian itu pada Mei 2018, yang mengarah pada konflik yang memanas antara kedua negara tersebut.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)