Iran: Ledakan Dahsyat Parchin Bukan dari Pangkalan Militer

Jum'at, 26 Juni 2020 - 09:46 WIB
loading...
Iran: Ledakan Dahsyat Parchin Bukan dari Pangkalan Militer
Ledakan dahsyat terjadi di Parchin, timur Teheran, Iran, pada Jumat (26/6/2020) dini hari. Foto/IRCG Iran
A A A
TEHERAN - Otoritas Iran sedang menyelidiki ledakan dahsyat pada Jumat (26/6/2020) dini hari di timur Teheran, di dekat pangkalan militer Parchin. Pangkalan militer itu diduga berperan dalam aktivitas uji coba nuklir di masa lalu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan setempat, Davoud Abdi, mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah bahwa ledakan terjadi di fasilitas penyimpanan gas di area publik dan bukan di pangkalan militer.

Dia mengklaim kobaran api telah dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. Namun, dia tidak memberikan rincian penjelasan tentang penyebab ledakan besar tersebut. (Baca: Ledakan Dahsyat Guncang Iran, Diduga di Situs Nuklir Militer )

"Rekan-rekan kami hadir di lapangan dan menyelidiki insiden itu dengan cermat," kata Abdi, seperti dikutip The Guardian.

Sejumlah video dan foto yang beredar di media sosial, yang diambil situs berita lokal, menunjukkan kilatan cahaya menyala di langit Parchin pada Jumat pagi dan diikuti oleh ledakan besar dan kepulan asap. Saksi mata mengatakan ledakan itu datang dari arah Parchin, sebuah situs militer utama Iran.

Parchin adalah rumah bagi pangkalan militer yang luas di mana teknisi Iran diduga telah menguji komponen peledak tinggi untuk hulu ledak nuklir pada awal tahun 2000-an. Namun, dugaan uji coba nuklir dibantah Iran.

Pada tahun 2014, situs militer itu rusak akibat kebakaran atau pun ledakan, tetapi penyelidikan oleh Badan Energi Atom Internasional terhambat oleh sulitnya akses. (Baca juga: PDIP Jaktim: Jangan Rusak Panji Kebesaran Kami, karena Kami Penguasa Takhta yang Sah )
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)