Profil Said Ismagilov, Ulama Besar Ukraina yang Ikut Berperang Melawan Rusia

Senin, 01 Agustus 2022 - 20:30 WIB
loading...
Profil Said Ismagilov, Ulama Besar Ukraina yang Ikut Berperang Melawan Rusia
Ulama Ukraina Sheikh Said Ismagilov ikut berperang melawan Rusia. Foto/risu.ua
A A A
KIEV - Permasalahan Rusia dan Ukraina tampaknya belum kunjung usai. Hal ini membuat masyarakat terbelah menjadi dua, ada yang pro-Rusia dan ada juga yang pro-Ukraina.

Sebagai seorang Muslim Ukraina, Sheikh Said Ismagilov turut lantang menyuarakan pendapatnya dalam melawan Rusia. Bahkan, sang mufti juga tidak segan untuk ikut berperang.

Ia pun melepaskan jabatannya sebagai mufti pada Juni kemarin dan menjadi pengemudi penembak jitu di unit medis ASAP Hottabich. Ia bertugas mengevakuasi mereka yang terluka di garis depan.



Said Ismagilov yang berasal dari Donetsk, lahir pada 9 Agustus 1978. Dia terkenal lantang dalam melawan separatis pro-Rusia yang menguasai wilayah Donbass.

Berkat kekritisan pemikiran dan kelantangannya tersebut, Sheikh Said Ismagilov bahkan hampir meregang nyawa saat melewati wilayah Donbass.

Mobil yang dikendarainya mendapatkan tembakan hingga menembus kaca mobil. Beruntung ia memakai rompi antipeluru sehingga dirinya dapat selamat dari serangan peluru tersebut.



Said Ismagilov menempuh pendidikan agama di Departemen Teologi Universitas Islam Moskow dan lulus pada tahun 1997.

Melalui studinya, dia memperoleh gelar Diploma dan Imam Khatib. Pada tahun 2022, sang imam melanjutkan pendidikannya di universitas negeri, Institute of Artificial Intelligence, Departemen Filsafat dan Studi Agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0785 seconds (0.1#10.140)