Di Tengah Ketegangan, Kapal Induk AS Kembali ke Laut China Selatan

Jum'at, 29 Juli 2022 - 04:00 WIB
loading...
Di Tengah Ketegangan, Kapal Induk AS Kembali ke Laut China Selatan
Di Tengah Ketegangan, Kapal Induk AS Kembali ke Laut China Selatan. FOTO/Reuters
A A A
HONG KONG - Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) dan kelompok kapal penyerangnya telah kembali ke Laut China Selatan setelah panggilan pelabuhan di Singapura. Kapal itu ditempatkan di wilayah yang disengketakan ketika ketegangan dengan China meningkat atas kemungkinan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Para pejabat di Armada Ketujuh Angkatan Laut AS mengkonfirmasi pengerahan kapal induk USS Ronald Reagan ke jalur perdagangan penting, tetapi tidak mengomentari pertanyaan tentang ketegangan selama perjalanan oleh Pelosi.



"USS Ronald Reagan dan kelompok penyerangnya sedang berlangsung, beroperasi di Laut China Selatan setelah kunjungan pelabuhan yang sukses ke Singapura," kata Komandan Hayley Sims dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, Kamis (28/7/20222).

Sims menambahkan, USS Ronald Reagan melanjutkan operasi normal dan terjadwal sebagai bagian dari patroli rutinnya untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Ketika dimintai komentar, Kementerian Luar Negeri China mengatakan, AS sekali lagi "melenturkan ototnya" di Laut China Selatan dengan berlayarnya USS Ronald Reagan.

"Dari sini jelas bagi semua orang untuk melihat siapa yang merupakan ancaman terbesar bagi Laut China Selatan serta perdamaian dan stabilitas kawasan Asia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian dalam briefing reguler.



Berita tentang pengerahan kapal induk yang berbasis di Jepang itu muncul saat Beijing dan Washington bertukar pukulan diplomatik atas kunjungan Pelosi, yang dilaporkan akan berlangsung bulan depan setelah ditunda awal tahun ini. Pelosi sendiri belum mengkonfirmasi kemungkinan perjalanan tersebut.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Rabu, bahwa dia telah berbicara dengan Pelosi dan memberinya penilaian keamanan. Tetapi, setiap komentar tentang perjalanan yang mungkin dia lakukan ke Taiwan harus datang dari kantornya.

China telah mengeluarkan peringatan keras kepada pejabat AS tentang kemungkinan kunjungan Pelosi ke Taiwan, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Senin. Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)