Daftar Rudal Canggih Milik Hizbullah

Kamis, 28 Juli 2022 - 21:28 WIB
loading...
Daftar Rudal Canggih Milik Hizbullah
Hizbullah Lebanon pamerkan rudal dalam parade militer di Beirut. Kelompok ini memiliki berbagai rudal canggih untuk melawan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hizbullah merupakan sayap politik dan militer kelompok Syiah yang tumbuh cepat di Timur Tengah. Pada awalnya, gerakan ini dibentuk karena adanya invasi Israel di Lebanon pada tahun 1978.

Saat itu, kegiatan Hizbullah adalah mengusir Israel dari Lebanon.

Pada Oktober 1983, Hizbullah pernah melakukan serangan bunuh diri yang menghancurkan markas Marinir Amerika Serikat di Beirut. Akibat dari serangan ini, ada 241 tentara yang tewas.

Serangan tersebut disebabkan oleh kemarahan Muslim Lebanon, khususnya kaum Syiah, terhadap Amerika Serikat dan Prancis. Menurut mereka, kedua negara tersebut bukanlah penjaga perdamaian dalam perang saudara Lebanon, melainkan merupakan faksi dalam perang saudara yang mendukung orang Kristen Maronit.



Di Lebanon, Hizbullah merupakan gerakan militer paling dominan dan bahkan lebih kuat dibandingkan dengan tentara Lebanon. Hal ini memiliki makna bahwa kepemilikan persenjataan Hizbullah sangat menentukan pertahanan Lebanon.

Salah satu senjata yang mereka miliki adalah rudal.

Hizbullah memiliki lebih dari 100.000 roket dan rudal dalam berbagai jenis. Hal ini dikatakan oleh Angkatan Darat Israel dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Juni lalu, sebagaimana dikutip dari laman surat kabar Asharq Al-Awsat.

Berikut daftar rudal canggih yang dimiliki Hizbullah serta kemampuan jarak tempuh dan hulu ledaknya.

1. Katyusha
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)