Agama Warga Negara Malaysia dan Persentasenya

Sabtu, 23 Juli 2022 - 06:01 WIB
loading...
Agama Warga Negara Malaysia dan Persentasenya
Pengunjung dan pejalan kaki berada di Pusat Kota Kuala Lumpur, Malaysia. Foto/REUTERS
A A A
KUALA LUMPUR - Website resmi pemerintah Malaysia, MyGovernment (The Government of Malaysia’s Official Gateway) menyebut Islam merupakan agama federasi di Malaysia.

Hal ini tercantum dalam Pasal 3 Konstitusi. Meskipun begitu, bukan berarti warga negara Malaysia tidak dapat menganut agama lain.

Dalam pasal itu disebutkan juga agama selain Islam juga dapat dipraktikkan dengan aman dan damai di bagian Federasi mana pun.

Pasal 11 tentang Kebebasan Beragama memperjelas lagi mengenai praktik beragama. Di Malaysia, setiap orang berhak menganut dan mengamalkan agamanya sendiri.

Artinya, meskipun Malaysia menyatakan Islam sebagai agama resminya, warga negara tetap memiliki kebebasan dalam memilih dan menjalankan keyakinannya masing-masing.

Adanya kebebasan ini juga dilakukan sebagai upaya persatuan yang kuat antaretnis yang ada di sana.

Berdasarkan 2020 Report on International Religious Freedom: Malaysia, yang diunggah dalam laman resmi Pemerintah Amerika Serikat, di Malaysia terdapat beberapa keyakinan yang dianut warga negara Malaysia.

Berikut rincian agama-agama yang ada di Malaysia:

1. Islam

Agama Islam merupakan yang terbanyak dianut oleh penduduk Malaysia. Terdapat 61,3% warga negara yang beragama Islam dari jumlah populasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)