Irak Minta Turki Tingkatkan Aliran Air di Sepanjang Sungai Tigris dan Efrat

Minggu, 17 Juli 2022 - 20:00 WIB
loading...
Irak Minta Turki Tingkatkan Aliran Air di Sepanjang Sungai Tigris dan Efrat
Irak Minta Turki Tingkatkan Aliran Air di Sepanjang Sungai Tigris dan Efrat. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Irak meminta Turki untuk meningkatkan aliran air di hilir, sepanjang sungai Tigris dan Efrat. Pasalnya, kedua negara menghadapi kekeringan dan ketegangan terkait pengelolaan sumber daya air.

Baghdad secara teratur mengeluh bahwa bendungan yang dibangun di negara-negara tetangga berdampak pada ketinggian sungai.



Menteri Perairan Mehdi Al-Hamdani dan perwakilan khusus presiden Turki untuk Irak, Veysel Eroglu, membahas “jumlah air yang tiba di Irak melalui Sungai Tigris dan Efrat” dari Turki, kata sebuah pernyataan pemerintah Irak, seperti dikutip dari AFP, Minggu (17/7/2022).

Melalui konferensi video, Hamdani meminta Turki untuk memeriksa kembali jumlah air yang dikeluarkan, untuk memungkinkan Irak mengatasi kekurangan air saat ini.

Sementara Eroglu mengatakan, dia akan menyampaikan permintaan kepada otoritas air di Ankara untuk meningkatkan jumlah air yang dilepaskan dalam beberapa hari mendatang, menurut cadangan yang tersedia (Turki).

Kedua belah pihak sepakat bahwa “delegasi teknis” Irak akan mengunjungi Turki dan diizinkan untuk “mengevaluasi cadangan bendungan Turki di lokasi.”



PBB mengklasifikasikan Irak sebagai 'negara kelima yang paling rentan di dunia' terhadap perubahan iklim, setelah mencatat rekor curah hujan dan suhu tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Masalah pengelolaan sumber daya air telah meningkatkan ketegangan antara Baghdad dan Ankara.

Sebelumnya pada awal pekan ini, Duta Besar Turki untuk Irak, Ali Riza Guney, memicu kemarahan dengan menuduh orang Irak “memboroskan” sumber daya air, menyerukan di Twitter untuk “langkah-langkah segera untuk mengurangi limbah” termasuk “modernisasi sistem irigasi.”

Irak telah mengalami tiga tahun kekeringan berturut-turut dan telah mengurangi separuh area pertanian yang ditanami untuk 42 juta penduduknya. “Cadangan air telah turun 60 persen dibandingkan tahun lalu,” kata seorang pejabat pemerintah Rabu ini, kantor berita INA Irak melaporkan.

Ketinggian air yang datang dari Tigris dan Efrat sekitar sepertiga dari rata-rata selama satu abad terakhir, menurut angka tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)