Jet Tempur Rusia Tembak Jatuh 2 Pesawat MiG-29 Ukraina

Sabtu, 16 Juli 2022 - 02:58 WIB
loading...
Jet Tempur Rusia Tembak Jatuh 2 Pesawat MiG-29 Ukraina
Jet Tempur Rusia Tembak Jatuh 2 Pesawat MiG-29 Ukraina. FOTO/Sputnik
A A A
MOSKOW - Jet tempur Rusia menembak jatuh dua pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina dalam 24 jam terakhir. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, Jumat (15/7/2022).

“Dalam 24 jam terakhir, pesawat tempur Angkatan Udara Rusia menembak jatuh dua pesawat MiG-29 Angkatan Udara Ukraina di daerah pemukiman Slavyansk dan Druzhkovka di Republik Rakyat Donetsk,” kata juru bicara tersebut, seperti dikutip dari TASS.



Konashenkov juga melaporkan, jet tempur Rusia, pasukan rudal dan artileri menyerang sekitar 230 sasaran militer Ukraina dalam 24 jam terakhir dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

"Dalam 24 jam terakhir, pesawat terbang taktis operasional dan militer, pasukan rudal dan artileri menyerang 18 pos komando, dan juga tenaga kerja dan perangkat keras militer di 211 daerah," jelasnya.

Pesawat tempur multiperan MiG-29 direkayasa oleh Biro Desain Mikoyan pada 1970-an. MiG-29 dirancang untuk menyerang target udara terutama dalam bidang radarnya dan juga untuk menyerang target darat dengan roket dalam jangkauan visual.



Berbagai modifikasi pesawat tempur MiG-29 beroperasi di beberapa negara, termasuk Azerbaijan, Bangladesh, Belarus, Bulgaria, India, Kazakhstan, Polandia, Serbia, Slovakia, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Menurut data yang tersedia pada tahun 2021, Angkatan Udara Ukraina mengoperasikan 37 pesawat tempur MiG-29.



Dilaporkan pula, sistem pertahanan udara Rusia juga menembak jatuh dua pesawat serang darat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di Wilayah Nikolayev dan sembilan kendaraan udara tak berawak di Wilayah Kharkov dan Kherson dan di Republik Rakyat Lugansk.

“Kemampuan pertahanan udara Rusia menembak jatuh dua pesawat Su-25 Angkatan Udara Ukraina di dekat pemukiman Barmashovo di Wilayah Nikolayev dan juga sembilan kendaraan udara tak berawak Ukraina di area komunitas Balakleya, Izyum, Peschanoye dan Ternovaya di Kharkov. Region, Novaya Kakhovka di Wilayah Kherson dan Vesyolaya Tarasovka di Republik Rakyat Lugansk," ungkapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)