Agama Warga Negara Yunani dan Persentasenya

Jum'at, 15 Juli 2022 - 23:20 WIB
loading...
Agama Warga Negara Yunani dan Persentasenya
Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Yunani merupakan sebuah negara di kawasan Eropa Tenggara. Negara ini berbatasan langsung dengan Albania di barat laut, dan Turki di bagian timur lautnya. Kota terbesarnya adalah Athena yang berstatus sebagai Ibu Kota negara juga.

Dikutip dari laman US Department of State, pada tahun 2020 jumlah populasi di Yunani diperkirakan mencapai 10,6 juta jiwa. Dari sekian banyak angka tersebut, penduduknya menganut agama yang berbeda.

Berikut Agama Warga Yunani dan Persentasenya:



1. Kristen Ortodoks
Mengacu pada data US Department of State tahun 2020, agama mayoritas di Yunani adalah Kristen Ortodoks. Tercatat, sekitar 81 sampai 90 persen populasi negara ini diidentifikasi sebagai penganut Ortodoks Yunani.

2. Ateis
Pada pengertiannya, Ateis bisa diartikan sebagai pandangan yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan. Angka ateis di Yunani sendiri tergolong cukup tinggi dan menjadi mayoritas agama kedua di negara ini.

Yunani sendiri kerap dianggap sebagai tempat lahirnya ilmu filsafat. Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu penyebabnya.

Pada data US Department of State, angka ateis di Yunani mencapai 4 sampai 15 persen. Angka tersebut mengalahkan beberapa agama lain yang cukup terkenal di dunia.



3. Islam
Jarang tersorot, ternyata populasi muslim di Yunani cukup banyak juga. Dari perkiraan penduduk 2020 yang mencapai 10,6 juta jiwa, sekitar 2 persen dari angka tersebut diketahui sebagai pemeluk agama Islam.

Pada data pemerintah tahun 2011, sekitar 140.000 muslim tinggal di Thrace. Selain itu, sebagian besar dari mereka juga diketahui sebagai pencari suaka atau pengungsi dari negara lain yang menetap di Yunani.

4. Lainnya
Selain beberapa kepercayaan di atas, masih ada beberapa kelompok agama yang dianut penduduk Yunani. Diantaranya adalah Ortodoks Kalender Lama, Kristen Protestan, Katolik, Yahudi, dan masih banyak lainnya.

Referensi:
https://www.state.gov/reports/2020-report-on-international-religious-freedom/greece/
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)