Via Email, Presiden Sri Lanka Ajukan Pengunduran Diri

Kamis, 14 Juli 2022 - 23:25 WIB
loading...
Via Email, Presiden Sri Lanka Ajukan Pengunduran Diri
Pesawat Saudia Airlines yang membawa Presiden Sri Lanka yang melarikan diri, Gotabaya Rajapaksa, mendarat di Bandara Changi Singapura pada Kamis (14/7/2022). Foto/Channel News Asia
A A A
SINGAPURA - Kantor Ketua Parlemen Sri Lanka mengatakan Presiden Gotabaya Rajapaksa mengajukan pengunduran diri Kamis (14/7/2022). Itu dilakukan beberapa hari setelah Rajapaksa melarikan diri dari aksi protes yang dipicu oleh krisis ekonomi terburuk negaranya.

Juru bicara Ketua Parlemen Sri Lanka mengatakan Gotabaya Rajapaksa mengundurkan diri melalui email, beberapa jam setelah dia mendarat di Singapura .

“Keaslian dan legalitas email harus diperiksa sebelum diterima secara resmi," kata Indunil Yapa kepada AFP, seraya menambahkan pengumuman resmi diharapkan pada hari Jumat seperti dikutip dari France24.

Rajapaksa akan menjadi presiden pertama yang mengundurkan diri sejak Sri Lanka mengadopsi sistem pemerintahan presidensial pada 1978.



Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diyakini ingin pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan.

Di bawah konstitusi Sri Lanka, Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe - yang juga dituntut mengundurkan diri oleh para pengunjuk rasa - akan secara otomatis menjadi penjabat presiden sampai parlemen dapat menunjuk penggantinya.

Menurut wartawan AFP, sebuah pesawat yang membawa Rajapaksa dan keluarganya tiba di Singapura dari Maladewa pada hari ini, sehari setelah dia melarikan diri ke negara itu.

Gotabaya Rajapaksa, istrinya Ioma dan dua pengawal mereka berada di dalam pesawat maskapai Saudia, yang mendarat di Bandara Changi Singapura pada pukul 19:17 waktu setempat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2697 seconds (0.1#10.140)