Dua Aksi Penembakan di Bar Afrika Selatan Tewaskan 19 Orang

Minggu, 10 Juli 2022 - 21:45 WIB
loading...
Dua Aksi Penembakan di Bar Afrika Selatan Tewaskan 19 Orang
Dua Aksi Penembakan di Bar Afrika Selatan Tewaskan 19 Orang. FOTO/JIJI
A A A
JOHANNESBURG - Dua penembakan di bar, satu di sebuah kota kecil dekat Johannesburg, yang lain di Afrika Selatan bagian timur, menewaskan 19 orang, kata polisi pada Minggu (10/7/2022). Polisi masih mencari tahu, apakah dua peristiwa ini saling terkait.

“Di Soweto, 15 orang tewas saat mereka menikmati malam,” kata polisi setempat. Penyerang berhenti di sebuah taksi minibus dan mulai menembakkan senjata berkaliber tinggi secara acak ke arah peminum.

Baca: Penembakan Shinzo Abe Kejutkan Para Pemimpin Dunia

Polisi di kota timur Pietermaritzburg, di KwaZulu-Natal, melaporkan empat orang tewas dan delapan terluka di sebuah bar ketika dua pria menembaki pelanggan secara diskriminatif. Bagi polisi, terlalu dini untuk mengatakan apakah serangan-serangan itu terkait, tetapi mereka mengamati kesamaannya.

Di Soweto, kotapraja terbesar Johannesburg di barat daya ibu kota ekonomi Afrika Selatan, polisi dipanggil ke tempat kejadian tak lama setelah tengah malam. "Ketika kami tiba di tempat kejadian, 12 orang tewas dengan luka tembak," kata petugas polisi Nonhlanhla Kubheka kepada AFP.

Sebelas orang dibawa ke rumah sakit, dan tiga kemudian meninggal karena luka-luka mereka. Korban tewas, termasuk dua wanita, berusia antara 19 dan 35 tahun, kata kepala polisi provinsi Elias Mawela kepada AFP.

"Menurut saksi mata mereka menembak secara acak," kata Mawela, seraya menambahkan polisi forensik masih mengumpulkan bukti. Tidak ada rincian tentang penyerang.

Baca: Otoritas Kesehatan Afrika: Penyebaran Cacar Monyet Sudah Jadi Keadaan Darurat

"Tidak ada yang ditangkap. Mereka datang dan menembaki orang-orang yang sedang bersenang-senang," kata Kubheka, komandan kantor polisi Orlando, distrik Soweto tempat penembakan itu terjadi.

Ratusan orang berkumpul di belakang barisan polisi saat polisi menyelidiki, wartawan AFP melaporkan. Hanya poster kecil yang menunjukkan harga bir di bar yang bisa dilihat di luar bangunan yang terletak di antara rumah-rumah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1139 seconds (10.55#12.26)