Tidak Hanya Senjata, Tersangka Pembunuh Shinzo Abe Juga Coba Buat Bom

Minggu, 10 Juli 2022 - 14:04 WIB
loading...
Tidak Hanya Senjata, Tersangka Pembunuh Shinzo Abe Juga Coba Buat Bom
Tetsuya Yamagami, tersangka pembunuh mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe, mengaku mencoba membuat bom. Foto/Japan Times
A A A
TOKYO - Pria yang dituduh menembak mati mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe , mengatakan kepada polisi bahwa dia juga berusaha membuat bom. Hal itu diungkapkan seorang sumber investigasi kasus tersebut.

Menurut sumber, Tetsuya Yamagami juga mengatakan dia membuat banyak senjata.

Pihak berwenang telah menggeledah rumahnya di kota barat Nara, menyita senjata yang mirip dengan senjata rakitan yang ditemukan di tempat kejadian setelah Abe ditembak pada hari Jumat lalu saat menyampaikan pidato di sebuah jalan di kota.

Yamagami (41) telah diserahkan kepada jaksa pada ini karena dicurigai melakukan pembunuhan.

"Adapun motifnya, Yamagami mengatakan ibunya telah memberikan sumbangan besar ke sebuah organisasi keagamaan dan dia menyimpan dendam terhadap kelompok tersebut, yang dia yakini terkait dengan Abe," kata sumber seperti dikutip dari Japan Times, Minggu (10/7/2022).



Salah satu sumber juga mengutip Yamagami yang mengatakan awalnya ia bermaksud menyerang seorang eksekutif grup tetapi memutuskan untuk menargetkan Abe sebagai gantinya.

Yamagami juga mengatakan kepada polisi bahwa pada malam penembakan mematikan itu, dia pergi ke sebuah aula di kota Okayama barat di mana Abe menyampaikan pidato untuk pemilihan Majelis Tinggi hari Minggu, menurut sumber tersebut.

Rapat umum itu menarik lebih dari 2.000 orang tanpa pemeriksaan keamanan, tetapi tidak ada masalah, menurut orang-orang yang terlibat dalam acara tersebut.

Menurut polisi, Yamagami membantah jika perbedaan pandangan politik dengan mantan perdana menteri itu ada hubungannya dengan aksinya melakukan kejahatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)