Rusia Berhasil Tes Senjata Anti-Drone di Medan Perang Ukraina

Kamis, 07 Juli 2022 - 08:50 WIB
loading...
Rusia Berhasil Tes Senjata Anti-Drone di Medan Perang Ukraina
Tentara Rusia menunjukkan senjata anti-drone yang telah diuji di Ukraina. Foto/rt.com
A A A
MOSKOW - Rusia berhasil menguji senjata elektromagnetik Stupor terhadap drone Ukraina. Menurut sumber yang mengetahui program tersebut, uji coba lapangan adalah yang pertama untuk perangkat itu melawan musuh yang sebenarnya.

Stupor adalah proyektor elektromagnetik yang bertujuan mengganggu komunikasi drone dengan operatornya.

Senjata ini mengganggu misi pesawat yang ditargetkan dengan membuatnya tidak dapat menerima perintah atau mengirim kembali intelijen. Drone mungkin saja jatuh ke tanah atau dibajak setelahnya.



Pusat penelitian robotika dari Kementerian Pertahanan Rusia mempresentasikan perangkat tersebut selama pameran senjata pada 2017.

Dikatakan perangkat yang tampak futuristik itu efektif pada jarak hingga 2 km, selama target tidak terhalang.

TASS mengatakan tidak dapat mengetahui di mana tepatnya perangkat diuji, dengan sumber hanya menyatakan tes itu di bagian barat Republik Rakyat Donetsk.



RT Russian berbicara dengan perancang senjata elektromagnetik, Dmitry Klochko, yang mengatakan perusahaannya mengirimkan total 10 senjata anti-drone ke milisi Donbass.

Dia mengatakan beberapa dari mereka adalah hadiah sementara dan yang lain disponsori donor swasta. “Tanggapannya cukup positif,” papar dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)