Rusia Klaim Kepung Lysychansk, Ukraina Menyangkal

Minggu, 03 Juli 2022 - 05:37 WIB
loading...
Rusia Klaim Kepung Lysychansk, Ukraina Menyangkal
Rusia dan separatis pro-Moskow klaim telah mengepung kota Lysychansk di Luhansk. Namun, Ukraina membantah dan menegaskan pertempuran di kota itu masih berlangsung. Foto/Thomson Reuters
A A A
LYSYCHANSK - Rusia dan separatis pro-Moskow di Luhansk mengeklaim telah mengepung kota Lysychansk dan tak lama lagi merebutnya. Namun, Ukraina membantah klaim tersebut dan menegaskan petempuran sengit masih berlangsung.

“Hari ini milisi populer Luhansk dan pasukan Rusia menduduki ketinggian strategis terakhir, yang memungkinkan kami untuk memastikan bahwa Lysychansk benar-benar dikepung,” kata juru bicara pasukan separatis, Andrei Marotchko, kepada kantor berita TASS, Sabtu (2/7/2022).

Namun, militer Ukraina mengatakan pertempuran sengit sedang berlangsung di kota tersebut.

Baca juga: Eks Bos Pentagon: Dunia Menonton Rusia Layu, Jenderalnya Tak Becus dan Bodoh

“Pertempuran berkecamuk di sekitar Lysychansk. [Tapi] untungnya kota itu tidak dikepung dan berada di bawah kendali tentara Ukraina,” kata juru bicara Garda Nasional Ukraina, Ruslan Muzytchuk.

Merebut kota itu akan memungkinkan pasukan Rusia untuk mendorong lebih dalam ke wilayah timur Donbas yang lebih luas, yang telah menjadi fokus ofensif mereka sejak gagal merebut Kiev setelah meluncurkan operasi militer mereka di Ukraina pada 24 Februari.

Di seberang Sungai Donets dari Lysychansk, Rusia telah merebut kota tetangga; Severodonetsk, minggu lalu.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0921 seconds (10.55#12.26)