Menhan AS gelar kunjungan mendadak ke Afghanistan

Sabtu, 07 Desember 2013 - 20:25 WIB
Menhan AS gelar kunjungan mendadak ke Afghanistan
Menhan AS gelar kunjungan mendadak ke Afghanistan
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Chuck Hagel, melakukan kunjungan dadakan ke di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, Sabtu (7/12/2013). Demikian diungkapkan seorang pejabat Afghanistan dalam kondisi anonim kepada Xinhua.

"Menteri Pertahanan AS tiba di Kabul pada Sabtu sore. Dia akan melakukan pertemuan dengan komandan AS dan NATO, serta tentara AS yang masih berada di Afghanistan," ungkap pejabat Afghanistan tersebut.

Pejabat Afghanistan melanjutkan, dalam kunjungan kali ini, kepala Pentagon tidak akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai. Kunjungan Hagel ke Afghanistan bertujuan untuk menemui para pasukan jelang tahun baru dan peringatan hari Natal.

Seperti diketahui, hubungan AS dan Afghanistan belakangan menjadi tegang jelang penandatangan Perjanjian Keamanan Bilateral (BSA). Sebelumnya, dalam pertemuan tradisional Loya Jirga yang dihadiri 2.500 orang yang terdiri dari Kepala Suku dan pejabat Afghanistan pada 24 November lalu, merek sekapat untuk mendukung BSA.

Namun, Karzai menolak menandatangani hal tersebut dan menginginkan pakta tersebut ditandatangani setelah pemilu presiden Afghanistan pada 5 April mendatang. Karzai kemudian menetapkan sejumlah kondisi yang harus dipenuhi sebelum penandatanganan BSA.

Antara lain, meminta Washington menjamin keamanan di Afghanistan, menjamin penyelenggaraan pemilu yang transparan dan mendukung proses perdamaian Taliban dengan pemerintah Afghaniastan.

AS sejak awal menginginkan Afghanistan bersedia menandatangani BSA pada akhir 2013. Mereka kemudian memperingatkan, tanpa penandatanganan BSA, dukungan AS dan Pasukan sekutu untuk memerangi militan akan terpengaruh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5105 seconds (0.1#10.140)