Liga Arab: Aneksasi Israel atas Tanah Palestina Bisa Picu Perang Besar

Kamis, 25 Juni 2020 - 17:27 WIB
loading...
Liga Arab: Aneksasi Israel atas Tanah Palestina Bisa Picu Perang Besar
Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit dalam pertemuan DK PBB mengatakan bahwa aneksasi Israel atas wilayah Tepi Barat akan mengobarkan ketegangan dan membahayakan perdamaian di Timur Tengah. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit dalam pertemuan Dewan Keamanan (DK) PBB mengatakan bahwa aneksasi Israel atas wilayah Tepi Barat akan mengobarkan ketegangan dan membahayakan perdamaian di Timur Tengah. Gheit menyebut, aneksasi ini juga dapat memicu perang, di dalam dan luar wilayah tersebut.

Gheit, dalam pertemuan tersebut, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (25/6/2020), mengatakan aneksasi juga akan memiliki konsekuensi yang lebih luas pada keamanan internasional di seluruh dunia.

( Baca Juga: Baca juga: Komnas HAM Minta Presiden Batalkan Pembahasan Rancangan Perpres Tugas TNI
"Aneksasi akan menjadi pelanggaran paling serius terhadap hukum internasional, dengan sangat membahayakan prospek solusi dua negara dan melemahkan kemungkinan pembaruan perundingan," ujar Guterres.

Guterres mendesak Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE) dan Rusia untuk segera mengambil peran mediasi mereka bersama dengan PBB sebagai bagian dari kuartet Timur Tengah dan menemukan kerangka kerja yang saling menguntungkan bagi para pihak untuk terlibat kembali, tanpa prasyarat, dengan PBB dan negara-negara utama lainnya.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)