Serangan Rudal Rusia Ubah Kota Lysychansk Jadi Puing-puing

Rabu, 29 Juni 2022 - 02:14 WIB
loading...
Serangan Rudal Rusia Ubah Kota Lysychansk Jadi Puing-puing
Serangan rudal Rusia ubah kota Lysychansk, Ukraina, jadi puing-puing. Foto/euronews
A A A
KIEV - Sejumlah kota di Ukraina menjadi sasaran serangan Rusia . Bukan hanya kota Kremenchuk, tempat sebuah pusat perbelanjaan diserang Rusia, yang menimbulkan kekhawatiran di Ukraina.

Kota Lysychansk "berubah menjadi puing-puing", kata para pejabat di wilayah itu, setelah serangan rudal Rusia menewaskan delapan warga sipil.

Sebanyak 21 orang lainnya terluka dalam serangan itu saat mereka berkumpul untuk mengambil air minum.



"Pembela kami memegang kendali, tetapi Rusia mengubah kota menjadi puing-puing...infrastrukturnya hancur total," kata Gubernur wilayah Lugansk Sergiy Gaiday di Telegram seperti dilansir dari BBC, Rabu (29/6/2022).

Lysychansk telah menjadi fokus serangan berat Rusia setelah jatuhnya kota kembarnya, Severodonetsk, pada akhir pekan lalu.

Alexander Rodnyansky, seorang penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, sebelumnya mengatakan kepada program Today BBC Radio 4 bahwa Rusia "memfokuskan semua pasukannya" untuk maju di timur, atau daerah Donbas.

Dia menambahkan dia tidak akan melebih-lebihkan jenis keberhasilan yang dimiliki Rusia tetapi ada bahaya mereka akan merebut lebih banyak wilayah di daerah tersebut.



Dia mengatakan Ukraina membutuhkan lebih banyak senjata karena Rusia menggunakan artileri untuk menghancurkan kota dan mengambil alih reruntuhan.

Di tempat lain di medan perang, serangan di Kharkiv telah menewaskan empat orang dan melukai 19 lainnya, termasuk empat anak, kata Oleg Synegubov, kepala administrasi regional Kharkiv.

“Musuh dengan sengaja meneror penduduk sipil,” kata Synegubov dalam sebuah pernyataan di Telegram.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)