PM Estonia: Jangan Remehkan Kemampuan Rusia

Kamis, 23 Juni 2022 - 15:32 WIB
loading...
A A A
Estonia, yang berbatasan dengan Rusia sepanjang 294 kilometer (sekitar 180 mil), telah mengambil sikap garis keras atas invasi Rusia ke Ukraina. Kallas telah mengkritik para pemimpin Eropa lainnya karena berbicara dengan Putin dan telah menganjurkan untuk mengisolasi Moskow sepenuhnya, menyerahkan keputusan tentang bagaimana mengakhiri perang Ukraina.



Ketika perang telah berlarut-larut, beberapa pihak di Barat telah menyarankan untuk mencapai kesepakatan damai yang dinegosiasikan dengan Rusia — bahkan jika itu berarti Ukraina akan menyerahkan wilayahnya. Kallas telah memperingatkannya.

Dalam komentarnya kepada AP, dia menunjukkan bahwa inilah yang terjadi setelah Moskow mencaplok Crimea, mendukung separatis di industri Donbas dan merebut wilayah di bekas republik Soviet Georgia.

Kallas mengatakan Eropa harus memastikan bahwa mereka yang melakukan kejahatan perang dan percobaan genosida dituntut, mencatat bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin lolos dari hukuman karena mencaplok Semenanjung Crimea pada tahun 2014 dan mendukung pemberontakan di wilayah Donbas Ukraina timur yang menewaskan lebih dari 14.000 orang. bahkan sebelum perang tahun ini dimulai.

“Bagi kami, penting untuk tidak membuat kesalahan itu lagi seperti yang kami lakukan di Krimea, Donbas, Georgia,” katanya.

“Kami telah melakukan kesalahan yang sama sudah tiga kali mengatakan bahwa, Anda tahu, negosiasi, negosiasi perdamaian adalah tujuannya. Satu-satunya hal yang Putin dengar dari ini adalah bahwa 'Saya bisa melakukan ini karena tidak ada hukuman yang akan menyusul,'" ujarnya.

"Dan setiap waktu, setiap waktu berikutnya akan lebih banyak penderitaan manusia daripada yang terakhir," tambahnya.

Di Ukraina, mereka yang melakukan kejahatan perang dan melakukan atau mencoba melakukan genosida harus diadili.

Sanksi terhadap Rusia akan berlaku seiring waktu, katanya, dan seseorang hanya perlu memiliki “kesabaran strategis.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)