Estonia Protes Keras Wilayah Udaranya Diterobos Helikopter Rusia

Rabu, 22 Juni 2022 - 08:06 WIB
loading...
Estonia Protes Keras Wilayah Udaranya Diterobos Helikopter Rusia
Estonia Protes Keras Wilayah Udaranya Diterobos Helikopter Rusia. FOTO/TASS
A A A
TALLIN - Estonia memanggil Duta Besar Rusia pada Selasa (21/6/2022) untuk memprotes pelanggaran "sangat serius" atas wilayah udaranya oleh helikopter Rusia. Ini adalah pelanggaran kedua kalinya dalam waktu kurang dari dua minggu.

Kementerian Luar Negeri Estonia menyatakan, helikopter itu terbang di atas satu titik di tenggara tanpa izin pada 18 Juni lalu.



"Estonia menganggap ini sebagai insiden yang sangat serius dan disesalkan, yang tidak diragukan lagi menyebabkan ketegangan tambahan dan sama sekali tidak dapat diterima," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Estonia, seperti dikutip dari Reuters.

Estonia mengulangi seruan agar pasukan Rusia meninggalkan Ukraina. "Rusia harus berhenti mengancam tetangganya dan memahami bahwa harga agresi yang diluncurkan Rusia terhadap Ukraina memang tinggi," tambahnya.

Estonia juga menyatakan solidaritas dengan sesama negara Baltik, Lithuania, yang menurut Moskow akan dihukum karena melarang transit beberapa barang ke eksklave Rusia Kaliningrad.



Seorang sekutu utama Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Lithuania, bahwa mereka akan merasakan penderitaan karena melarang transit barang yang disetujui oleh Uni Eropa melintasi wilayahnya ke dan dari Kaliningrad.

Estonia juga mengeluh kepada utusan itu pada 10 Juni tentang pujian Putin untuk penguasa Rusia abad ke-18 yang merebut sebuah kota yang sekarang menjadi Estonia.

Estonia, Lituania dan Latvia milik kekaisaran Rusia sebelum memperoleh kemerdekaan setelah Perang Dunia I. Pada tahun 1940 Uni Soviet mencaplok trio tersebut, yang tidak mendapatkan kembali kemerdekaan mereka sampai tahun 1991.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)