Putin: Era Dunia Unipolar telah Berakhir Meski Berbagai Upaya Melestarikannya

Sabtu, 18 Juni 2022 - 00:01 WIB
loading...
A A A
Putin menjelaskan, “Kita berbicara tentang proses nyata, tentang perubahan tektonik yang benar-benar revolusioner dalam geopolitik, ekonomi global, bidang teknologi, di seluruh sistem hubungan internasional."

Putin menuduh negara-negara Barat sengaja merusak fondasi tatanan internasional untuk memuaskan ilusi geopolitik mereka.

Dia mencatat bahwa reputasi bisnis dan kepercayaan pada mata uang dirusak oleh tindakan mereka.

Presiden juga menunjukkan bahwa AS dapat mencuri uang orang, kelompok, atau negara mana pun hanya karena sesuatu yang tidak disetujui Washington.

Presiden Rusia mengkritik Uni Eropa atas keputusan menjatuhkan sanksi anti-Rusia, menyebutnya "gila" dan "tidak dipikirkan dengan matang".

Putin mengatakan tujuan mereka adalah menghancurkan ekonomi Rusia sekaligus, tetapi mereka gagal mencapainya.

Sebaliknya, politisi Uni Eropa memberikan pukulan serius bagi ekonomi mereka sendiri, mendorong inflasi yang tinggi, presiden menekankan.

Putin memperkirakan biaya "demam sanksi" menjadi sekitar USD400 miliar tahun ini saja dan mencatat tindakan tersebut akan menjadi beban di pundak orang-orang biasa.

Presiden Rusia menyatakan UE telah kehilangan kedaulatan politiknya karena para elitnya menari mengikuti irama negara lain, bahkan jika itu merusak populasi dan kepentingan bisnis Eropa mereka sendiri.

Putin memperkirakan bahwa ini akan mengakibatkan kesenjangan keuangan yang mendalam dan perpecahan sosial di masyarakat Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)